Dishub DKI Sosialisasikan Tarif Integrasi Rp10 Ribu 30 Hari ke Depan

Jumat, 12 Agustus 2022 14:23 Reporter : Merdeka
Dishub DKI Sosialisasikan Tarif Integrasi Rp10 Ribu 30 Hari ke Depan Revitalisasi Halte Transjakarta Gelora Bung Karno. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan pihaknya bakal mulai melakukan sosialisasi tarif integrasi Rp10.000 untuk tiga moda transportasi, yakni Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), dan Transjakarta. Sosialisasi akan dilakukan selama 30 hari ke depan.

"Tentu sebelum diluncurkan, yang harus kami lakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat," kata Syafrin kepada wartawan, Jumat (12/8).

Syafrin menjelaskan, saat ini pengguna tiga moda transportasi cukup masif. Dengan rincian 650 hingga 700 ribu penumpang Transjakarta dan 60 ribu penumpang MRT.

"Artinya dengan masifnya masyarakat yang menggunakan layanan angkutan umum yang terintegrasi maka kami juga harus masif melakukan sosialiasi, dan juga harus diupayakan menjangkau seluruh pengguna," jelas Syafrin.

Selain itu, Syafrin menyampaikan pengguna transportasi terintegrasi sudah dapat merasakan manfaat tarif integrasi Rp10.000 dengan menggunakan aplikasi maupun kartu JakLingko.

"Dua-duanya bisa (aplikasi atau kartu). Jadi sekarang untuk aplikasi sendiri hari ini sudah laik, sudah bisa dicoba. Jadi masyarakat bisa mencoba," kata Syafrin.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) yang mengatur besaran tarif layanan integrasi transportasi tiga moda, MRT, LRT, dan Transjakarta.

Kepgub itu mengatur batas besaran tarif angkutan massal yang ditetapkan sebesar Rp10 ribu.

Besaran tarif integrasi tersebut tertuang dalam Kepgub Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Paket Tarif Layanan Angkutan Umum Massal. Kepgub itu diteken oleh Anies Baswedan sejak 8 Agustus 2022. [ray]

Baca juga:
Begini Cara Warga Jakarta Bisa Nikmati Tarif Integrasi TransJakarta, MRT & LRT
Penjelasan JakLingko Terkait Penerapan Tarif Integrasi Rp10.000
Tarif Integrasi Transjakarta, MRT dan LRT Naik Rp10.000
Catat, Ini Daftar Halte dan Stasiun Terapkan Tarif Integrasi Rp10.000

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini