Dishub DKI: Ganjil Genap Bisa Diberlakukan Sepanjang Hari

Minggu, 2 Agustus 2020 12:50 Reporter : Merdeka
Dishub DKI: Ganjil Genap Bisa Diberlakukan Sepanjang Hari Kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan, siap menerapkan kebijakan ganjil genap untuk seluruh kendaraan bermotor, termasuk roda dua. Hal tersebut akan diberlakukan jika kepadatan kendaraan di DKI Jakarta tidak berkurang seiring diberlakukannya aturan ganjil genap mulai 3 Agustus 2020.

"Jika tidak ada perubahan maka bisa saja kami menerapkan pemberlakuan ganjil-genap bagi seluruh kendaraan bermotor," kata Syafrin di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (2/8).

Selain itu, lanjut dia, kebijakan penurunan volume kendaraan bisa ditingkatkan lebih ekstrem lagi dengan penerapan ganjil genap satu hari penuh.

Sebab diketahui, saat ini kebijakan tersebut akan diberlakukan hanya pada dua termin, pukul 06.00 – 10.00 WIB dan pukul 16.00 – 21.00 WIB.

"Kebijakan ganjil genap juga bisa dilakukan sepanjang hari atau juga ada tambahan pemberlakuan jam, jika analisis kami menemukan tidak ada perubahan (jumlah volume kendaraan)," jelas dia.

1 dari 4 halaman

Syafrin menegaskan, kebijakan ganjil genap dilakukan sebagai tindak pencegahan Covid-19 yang jumlahnya masih terus meningkat setiap harinya, khususnya di DKI Jakarta.

"Kami menghimbau sekali lagi bahwa tujuan diberlakukan pembatasan lalu lintas dengan ganjil genap ini adalah untuk menurunkan mobilitas warga yang tidak penting, angan lakukan pergerakan yang tidak penting," tutup dia.

2 dari 4 halaman

Transjakarta Tambah 155 Armada

155 armada rev1

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo, menyatakan siap menambah armadanya sebanyak 155 unit mulai besok. Besok, merupakan hari dimulainya sistem ganjil genap kembali.

"155 Unit Armada Pada 10 Ruas Koridor yang Bersinggungan dan Mengoperasikan 3 Rute Tambahan Pada Non Koridor," tulis Nadia.

Nadia melanjutkan, kebijakan ganjil genap penambahan sebesar 25 persen atau 155 unit armada ini mulai disterilisasi dan disiapkan secara teknis untuk diluncurkan. Hal ini dilakukan untuk antisipasi lonjakan konsumen bus TransJakarta pada waktu tersebut.

"Ini dilakukan dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan Covid-19 yaitu 50 persen dari kapasitas angkut dan mempercepat pengosongan halte pada jam-jam dimana sistem gage diterapkan," terang Nadia.

Nadia merinci, jam pengoperasian tambahan armada diutamakan pada pukul 06.00 – 10.00 WIB dan sore hari mulai pukul 16.00 – 21.00 WIB. Keseluruhan armada tersebut akan disebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan yang terkena imbas kebijakan gage.

3 dari 4 halaman

Berikut 10 koridor Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta yang bersinggungan dengan gage dan penambahan armada sebanyak 25% difokuskan di dalam koridor koridor dibawah ini:

KORIDOR 1 Blok M - Kota

KORIDOR 2 Pulogadung 1 - Harmoni

KORIDOR 3 Kalideres – Pasar Baru 

KORIDOR 4 Pulogadung 2  - Tosari 

KORIDOR 5 Kampung Melayu - Ancol

KORIDOR 6 Ragunan – Tosari

KORIDOR 7 Kampung Rambutan – Kampung Melayu 

KORIDOR 8 Lebak Bulus - Harmoni

KORIDOR 9 Pinang Ranti  - Pluit 

KORIDOR 10  PGC 2 – Tanjung Priok 

Sehingga total armada beroperasi di 13 koridor pada masa gage akan mencapai 871 unit dan siap operasi untuk senin esok.

4 dari 4 halaman

Pengoperasian Kembali 3 Rute Non Koridor

3 rute non koridor

Nadia menambahkan, Transjakarta akan melakukan pengoperasian kembali tiga rute non koridor untuk melayani 5 (lima) Rusun mulai 1 Agustus 2020 yang sebelumnya ditiadakan selama masa pandemi. Berikut rijciqnnya

1.  L2 Pulogadung – Harmoni Via Pramuka

2. 10D Kampung Rambutan – Tanjung Priok 

3. 2F Rusun Cakung Barat - Pulogadung

4. 3A Rusun Pesakih - Kalideres

5. 11B Rusun Rawabebek - Penggilingan

6. 11C Rusun Pinus Elok – Rusun Pulo Gebang

7. 11K Rusun Komarudin = Penggililngan

Sebagai tambahan, bagu warga Cibubur yang perlu ke kantor di wilayah Sudirman Thamrin maupun Kuningan, Transjakarta sangat merekomendasikan untuk dapat menggunakan Royal Trans tanpa antrian dengan mengaktifkan pemesanan tempat duduk terlebih dahulu (pre-order seat) melalui applikasi Tijeku untuk layanan Royal Premium rute : 

1 1K Cibubur Junction – Blok M 

2. 6P Cibubur – Kuningan 

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com [rnd]

Baca juga:
Dishub DKI: Ganjil Genap Bisa Diberlakukan Sepanjang Hari
Sosialisasi Pemberlakuan Kembali Ganjil Genap di Jakarta
Ganjil Genap DKI Berlaku Lagi 3 Agustus, Mulai Penindakan 7 Agustus
Dishub Sediakan Bus Sapu Jagat Urai Kepadatan Halte Transjakarta Dampak Ganjil Genap
Ganjil Genap Diberlakukan Agar Warga Hanya Lakukan Perjalanan Penting
Ganjil-Genap Diaktifkan, Risiko Penularan Covid-19 di Angkutan Umum akan Tinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini