Dishub DKI: 89 ribu Warga Datang ke CFD di 32 Lokasi

Selasa, 30 Juni 2020 18:12 Reporter : Merdeka
Dishub DKI: 89 ribu Warga Datang ke CFD di 32 Lokasi Car Free Day. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut sebanyak 89 ribu warga mendatangi hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di 32 lokasi yang tersebar di lima kota administrasi.

"Total CFD Minggu kemarin di 32 titik itu 89.587 orang," kata Syafrin di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (30/6).

Dia merinci, jumlah tersebut terdiri dari 52.353 pesepeda dan 37.234 pejalan kaki. Sedangkan jumlah warga yang melakukan olahraga paling banyak di Jakarta Timur.

Meskipun berjalan dengan lancar, Syafrin mengakui sejumlah warga tidak melaksanakan sejumlah protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Mulai dari tidak menggunakan masker hingga warga yang membawa anak-anak ke CFD.

Syafrin menyebutkan untuk selanjutnya CFD di 32 titik tersebut akan kembali diberlakukan pada minggu depan. "Minggu depan tetap dilanjutkan," ujarnya.

"Ada yang tidak bawa masker, itu diberi sanksi oleh petugas, sanksi kerja sosial atau ada yang denda juga Rp250 ribu. Kemudian ada beberapa kawasan yang warga di sana mengajak anak-anak dan lansia yang datang," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 32 lokasi yang tersebar di lima wilayah kota administrasi sebagai pengganti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Dari 32 lokasi pengganti tersebut, ada tujuh lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga warga.

Reporter: Ika Defianti [ray]

Baca juga:
CFD Sudirman-Thamrin Dihentikan, Tak Ada Penumpukan Warga
Suasana CFD di Jalan Layang Antasari
Langgar Protokol Kesehatan Saat CFD, Warga Disuruh Memungut Sampah
Polisi Kerahkan 500 Personel Jaga CFD di 32 Titik Jakarta
Sungai 'Salju' Jadi Tontonan Warga yang CFD di BKT Jaktim

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini