Dinas Sosial DKI Imbau Masyarakat Tak Beri Bantuan Langsung ke Pencari Suaka

Jumat, 12 Juli 2019 13:56 Reporter : Merdeka
Dinas Sosial DKI Imbau Masyarakat Tak Beri Bantuan Langsung ke Pencari Suaka Pencari Suaka. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah membolehkan masyarakat untuk memberi bantuan kepada para pencari suaka berupa makanan untuk balita. Sebab, pihaknya memang hanya menyiapkan konsumsi untuk dewasa.

Meski begitu, dia mengimbau agar masyarakat tidak memberikan bantuan secara langsung kepada para pencari suaka. Hal ini agar tidak menimbulkan perasaan iri.

"Nah makanya kalau mungkin ada masyarakat yang ingin menyumbang memberikan kepeduliannya makanan tambahan buat anak-anak, silakan. Tapi jangan langsung berikan, harus disampaikan kepada petugas yang ada di sana, kita kumpulkan, baru kita distribusikan," katanya saat dihubungi, Jumat (12/7).

Dia menjelaskan, proses distribusi tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Sebab, jumlah pencari suaka saat ini yang telah ditampung di lahan bekas Kodim, Kalideres, Jakarta Barat telah mencapai sekitar 1.100 orang.

Kebanyakan dari mereka juga tidak berasal dari trotoar Kebon Sirih, Jakarta Pusat yang hanya berjumlah sekitar 250 orang. Irmansyah khawatir, bila bantuan diberikan secara langsung, aksi berebut akan terjadi.

"Mungkin mau kasih 100 (makanan), tapi jumlah pengungsinya banyak, nanti berebut. Makanya hari ini mau monitor penempatan di bangunan dan di tenda, dicatat, kita minta ke UNHCR berapa totalnya supaya tidak menimbulkan iri," jelasnya.

Irmansyah menambahkan, makanan yang dikirim juga sebaiknya tidak dalam bentuk beras. Namun, dalam bentuk makanan tambahan atau minuman yang siap dikonsumsi.

Posko bantuan juga disediakan oleh Dinas Sosial di lahan bekas Kodim yang sekarang ditempati pencari suaka.

"(Kasih bantuan) langsung ke lokasi di sana. Kan lokasi di sana ada petugas-petugas dari Dinas Sosial. Lalu juga ada dari UNHCR. Nanti kita kumpulkan di sana, baru kita distribusikan," terangnya.

"Jadi jangan sampe 'saya mau ngasih langsung', jangan. Nanti jadi masalah tuh," tutup Irmansyah.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Pencari Suaka
  2. Pengungsi
  3. Imigran
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini