Di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19, Anies Dengarkan Curhat Nakes Puskesmas

Kamis, 22 Juli 2021 17:42 Reporter : Yunita Amalia
Di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19, Anies Dengarkan Curhat Nakes Puskesmas Anies Baswedan. Instagram/aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Di tengah lonjakan kasus Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengadakan kumpul virtual bersama para tenaga kesehatan Puskesmas. Dalam pertemuan tersebut para tenaga kesehatan menumpahkan kendala mereka saat bertugas dan menyampaikan kebutuhan yang perlu disediakan Pemprov.

"Kami ingin mendengarkan langsung curhatan teman-teman di lapangan, kendala apa saja yang selama ini dihadapi, harapan dan dukungan apa yang dibutuhkan dari Pemprov DKI Jakarta," ucap Anies dalam unggahannya di Instagram @aniesbaswedan, Kamis (22/7).

Anies mengatakan, dialog dengan para tenaga kesehatan di Puskesmas menjadi penting di tengah kondisi kritis khususnya akibat penularan virus varian Delta.

Selain itu, Anies menilai Puskesmas adalah garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Mereka inilah yang sehari-hari paling depan melayani warga, tantangannya tentu tidak sedikit, apalagi dalam beberapa minggu terakhir terjadi lonjakan kasus," imbuhnya.

Dia berujar, peran Puskesmas selama pandemi amat vital dalam menjalankan testing, tracing, treatment, lalu beberapa bulan ini juga berperan sebagai vaksinator, sskaligus mengurusi pemulasaraan jenazah.

"Banyak dari mereka yang akhirnya terpapar Covid jjuga, untungnya semua nakes di DKI Jakarta telah divaksinasi, sehingga lebih terlindungi."

Kini, imbuh Anies, Puskesmas juga banyak terbantu dengan banyaknya kolaborasi sentra vaksinasi, tambahan tenaga testing/tracer, dan bantuan relawan pemulasaraan di 42 kecamatan yang dilatih Dewan Masjid Indonesia.

"Terima kasih kepada Ibu/Bapak yang bertugas di puskesmas, jaga kesehatan, jaga stamina, jaga soliditas. Pastikan komunikasi kita terus terjalin baik, untuk mencari solusi. Ibu/Bapak adalah pilot di unit paling depan dalam sistem kesehatan kita. Sebarkan pesan optimis kepada warga yang dilayani, agar mendapatkan rasa tenang ketika melalui bersama masa-masa penuh guncangan ini," tutup Anies. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini