Di Hadapan Anies, Bupati Kepulauan Seribu Keluhkan Air Bersih Sampai Masalah Sampah

Jumat, 22 Maret 2019 10:51 Reporter : Merdeka
Di Hadapan Anies, Bupati Kepulauan Seribu Keluhkan Air Bersih Sampai Masalah Sampah Vertikal Anies Baswedan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkantor di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, hari ini Jumat (22/3). Anies sekaligus menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan tema memacu pertumbuhan berkualitas di Kepulauan Seribu.

Dalam sambutan, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, memaparkan tantangan yang dihadapi masyarakat di Kepulauan Seribu antara lain konektivitas antar pulau.

"11 Pulau penduduk belum terkoneksi transportasi secara reguler," kata Murad, Jumat (22/3).

Murad juga mengeluh kurangnya air bersih serta minimnya fasilitas kesehatan dan penanganan limbah.

"Ini masih menjadi masalah," ucap dia.

Murad mengatakan, Kepulauan Seribu juga belum memiliki grand desain pembangunan. Lalu, masih kata Murad, penanganan sampah dari Kepulauan Seribu harus diangkut secara manual sampai ke pembuangan akhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang .

Selanjutnya, pasokan listrik belum merata. "Listrik tidak menjangkau khususnya pulau resort sehingga listrik mandiri. Begitupun sarana belum optimal termasuk sarana perbankan," ucap dia.

Menjawab keluhan bupati, Anies berjanji segera membahas hal-hal yang dikeluhkan masyarakat di Musrenbang. Menurut dia, Musrenbang adalah proses untuk mendapatkan aspirasi, ide dan gagasan yang diolah menjadi rencana pembangunan.

"Problemnya apakah proses berjalan dengan baik sehingga masalah yang ada di masukan dan bisa diformasilisasi dalam bahasa pembangunan sehingga bisa menjadi kegiatan.

Musrenbang juga dihadiri Sekretaris Daerah (sekda) DKI Saefullah, Bupati Pulau Seribu Husain Murad beserta Jajaran, Kepala Bappeda DKI Jakarta Sri Mahendra dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini