Deretan Terobosan Anies Baswedan Setahun Pimpin Jakarta

Jumat, 28 Desember 2018 09:13 Reporter : Lia Harahap
Deretan Terobosan Anies Baswedan Setahun Pimpin Jakarta Anies Baswedan tinjau Gereja Katedral. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu menghadirkan pemimpin baru untuk Ibu Kota. Duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno berhasil menyingkirkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

Keduanya dilantik Presiden Joko Widodo pada Oktober 2017 lalu di Istana Negara. Tepat yang 17 Oktober 2017, Anies dan Sandi resmi berkantor di Balai Kota.

Namun di setengah pemerintahannya, Anies ditinggal Sandiaga Uno yang mengadu peruntungan sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Terhitung sejak empat bulan lalu, Anies tak lagi memiliki wakil gubernur hingga saat ini.

Hal itu tak membuat Anies kewalahan. Sejumlah pekerjaan tetap dia lakukan seperti biasa. Bahkan ragam kebijakan dia tuntaskan dengan baik sesuai yang dijanjikan saat kampanye dahulu.

Berikut ini deretan terobosan Anies di usia setahun pimpin DKI:

1 dari 4 halaman

Menghentikan proyek reklamasi

Reklamasi di Pulau A dan B. ©2016 merdeka.com/mitra ramadhan

Menghentikan proyek pulau buatan di pesisir utara Jakarta menjadi salah satu janji Anies saat kampanye. Dia menilai proyek tersebut tidak pro rakyat miskin.

Mega proyek tersebut dianggap hanya mementingkan pengembang. Padahal, penduduk pesisir yang berprofesi sebagai nelayan sangat terdampak akibat proyek tersebut.

Rencana Anies sempat mendapat pertentangan dari pemangku jabatan terkait. Namun Anies membuktikan dirinya mampu menyelesaikan persoalan tersebut.

Tepat 26 September lalu, Anies menerbitkan surat keputusan mencabut izin 13 pulau reklamasi.

"Gubernur secara resmi mencabut seluruh izin pulau-pulau reklamasi tersebut sehingga kegiatan reklamasi di Jakarta bisa saya umumkan hari ini bahwa kegiatan reklamasi telah dihentikan," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (26/9).

Dia menjelaskan Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta dibentuk melalui Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018 pada 4 Juni lalu.

Setelah itu, Anies menyebut badan tersebut bekerja memverifikasi seluruh kegiatan reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Menurut dia, para pengembang tidak melaksanakan kewajiban yang ada.

"Setelah kita lakukan verifikasi, maka gubernur secara resmi mencabut seluruh izin pulau-pulau reklamasi tersebut," jelasnya.

Namun untuk pulau yang sudah terlanjur jadi tak akan dibongkar. Hanya saja, akan diatur pengelolaannya agar bisa dimanfaatkan untuk seluruh lapisan masyarakat.

2 dari 4 halaman

Penutupan tempat hiburan sarang narkoba dan prostitusi

Hotel Alexis. ©2017 merdeka.com/Imam Buhori

Anies berupaya membebaskan Jakarta pendapatan Jakarta dari hal-hal yang menyimpang. Seperti pajak tempat hiburan malam esek-esek maupun klub dijadikan transaksi narkoba.

Tak ingin main-main dengan niatan tersebut, Anies langsung menutup tempat hiburan malam Alexis, yang berlokasi di kawasan Pademangan, Ancol, Jakarta Utara. Penutupan tersebut dibuktikan dengan mencabut izin usaha atau Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) PT Grand Ancol Paragon.

Alasan Anies menutup Alexis karena menjadi lokasi perdagangan manusia.

"Bukan narkoba tapi prostitusi dan perdagangan manusia," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa (27/3).

Setelah Alexis sejumlah tempat hiburan malam menyusul dicabut izinnya karena ketahuan jadi lokasi transaksi narkoba. Sense Karaoke dan Diskotek Exotic ditutup Anies pada April 2018 lalu.

Peringatan penutupan Diskotek Exotic dilayangkan setelah seorang pria bernama Sudirman (41), ditemukan tewas overdosis di tempat hiburan itu pada Senin (2/4). Adapun Karaoke Sense ditutup usai penggerebekan BNN beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

Hunian DP 0 Rupiah

Anies luncurkan program dp rumah 0 rupiah. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Ide Anies membangun hunian Dp 0 Rupiah sempat dipandang sebelah mata. Namun dia coba membuktikan.

Oktober lalu, Anies akhirnya mengeluarkan regulasi terkait skema pembiayaan rumah DP Rp 0 tersebut. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Ada dua lokasi pembangunan rusunami tersebut. Pertama di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang berjumlah 780 unit. Kemudian, di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur sebanyak 900 unit.

"Saat ini kami lunasi janji, kami menyebutnya bukan program tapi janji. Janji harus dilunasi," kata Anies.

Anies berharap program DP Rp 0 dapat memenuhi hak-hak dasar warga untuk memiliki hunian. Dia menuturkan programnya tersebut dapat menjadi cara mengatasi ketimpangan warga di Jakarta.

4 dari 4 halaman

Bangun Stadion Bertaraf Internasional

Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com/Handout/Tiyok Prastyoadi

Anies menjanjikan stadion bertaraf internasional di Jakarta. Rencana itu makin mantap untuk segera direalisasikan setelah klub sepak bola Jakarta, Persija di Liga 1 Indonesia.

Sebagai lokasi, stadion yang diimpikan sekelas Old Trafford dibangun stadion BMW. Saat berpidato di depan suporter Persija, Anies menegaskan tak ingkar pada janjinya tersebut.

"Satu persatu janji akan saya lunasi. Insya Allah, nanti ketika ground breaking-nya, saya akan undang Jakmania untuk membuka lahan stadion kita. Ini bukan hadiah dari Pemprov, tetapi dari masyarakat Jakarta dan ini untuk Jakarta di masa depan," ujar Anies.

Pembangunan stadion dirancang dengan dua lapangan latihan standar FIFA. Sesuai standar FIFA, kalau ada stadion, harus ada dua lapangan pemanasan. Stadion ini juga punya dua pintu masuk, pintu utama keluar dan masuk untuk tuan rumah dan juga pintu untuk tim lawan yang gunanya juga untuk mencegah bentrok.

Stadion ini memiliki kapasitas 50.000 penonton. Nantinya stadion akan dilengkapi apartemen, pusat perbelanjaan hingga terintegrasi dengan moda transportasi.

Anies berjanji mengajak Jakmania untuk ikut meresmikan pembukaan stadion tersebut. Sebab, suporter klub Persija itu selalu mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melunasi janji masa kampanye Anies-Sandi tersebut. [lia]

Baca juga:
Gerindra-PKS Bahas Wagub DKI Besok, Sebelum 25 Januari Sudah Ada Nama
Kritikan-Kritikan Fraksi PDIP Terhadap Kinerja Anies Selama 2018
Bersama Jokowi, Anies Sempat Bahas Pelebaran Sungai Atasi Banjir Jakarta
Gubernur Anies Minta Kementerian PUPR Kroscek Kondisi Flyover Lainnya
Anies Baswedan Tinjau Persiapan Misa Natal di Gereja Katedral
Anies Baswedan: Selamat Merayakan Natal 2018

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini