Deretan Pejabat Pemprov DKI Diturunkan Jabatannya oleh Anies Baswedan

Selasa, 26 Februari 2019 12:28 Reporter : Syifa Hanifah
Deretan Pejabat Pemprov DKI Diturunkan Jabatannya oleh Anies Baswedan Anies Baswedan. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merombak besar-besaran jajaran Pemprov DKI. Anies merotasi 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI, Jumlah tersebut terdiri dari 15 pimpinan tinggi pratama atau eselon II, 274 administrator atau eselon III dan 836 pengawas atau eselon IV.

Anies Baswedan menjelaskan alasan pencopotan dan penurunan pangkat 15 pejabat setara kepala dinas karena faktor kinerja dan penyerapan yang rendah. "Juga pelaksanaan program serapan, Jadi kita ingin melakukan reform secara lengkap. Salah satu cara reform adalah dengan mendapatkan pemimpin yang tepat di bidangnya," kata Anies.

Berikut ini pejabat Pemprov DKI yang diturunkan jabatannya oleh Anies Baswedan:

1 dari 5 halaman

Copot Kadis Sumber Daya Alam dan Kepala BPBUMD

Anies tinjau pintu air Manggarai. ©2018 Merdeka.com/Syifa Hanifah

Anies Baswedan mencopot dua pejabat setingkat kepala dinas di Pemprov DKI Jakarta. Kedua nama tersebut yakni Kepala Dinas Sumber Daya Air, Teguh Hendarwan dan Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BPBUMD) Yurianto.

Kepala Badan Kepegawaian DKI Jakarta Chaidir mengatakan Teguh Hendarwan distafkan menjadi pelaksana pada Biro Tata Pemerintahan. Kendati begitu, dia enggan menjelaskan secara detail alasan Teguh dicopot dari jabatannya.

"Terkait kinerja," kata dia.

Sedangkan untuk Yurianto, Chaidir menyatakan Yurianto menjadi anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Karena rotasi itu, dia menyebut Yurianto tidak akan menerima tunjangan jabatan struktural.

2 dari 5 halaman

Yani Wahyu

Kasatpol PP Yani Wahyu. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Yani Wahyu Purwoko harus turun pangkat dari sebelumnya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjadi Asisten Deputi Gubernur Bidang Budaya.

Pangkat Yani turun dari eselon II-a menjadi eselon II-b. Saat masih menjadi Kepala Satpol PP, Yani pernah tersandung masalah hukum dengan dilaporkan anak buahnya atas tuduhan penganiayaan.

3 dari 5 halaman

Isnawa Adji

Anies Basedan di Bantargebang. ©Liputan6.com/Ika Defianti

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji dirotasi menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Selatan. Isnawa juga harus turun dari eselon II-a ke eselon II-b.

Isnawa menerima jika dirinya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jaksel. Dia juga mengakui penyerapan anggaran di Dinas LH kurang optimal. "Memang di Dinas LH penyerapan tidak optimal dan ada satu dua hal," kata Isnawa.

4 dari 5 halaman

Jupan Royter

Anies Rotasi 1.125 Pejabat Pemprov DKI Jakarta. ©Liputan6.com/Ika Defianti

Jupan Royter yang tadinya menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Daerah (BPBD), kini menjabat sebagai Asisten Deputi Bidang Perindustrian dan Perdagangan. Jabatan Jupen juga turun dari eselon II-a menjadi eselon II-b.

5 dari 5 halaman

Jabatan Kosong

anies baswedan. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Imbas dari rotasi besar-besaran Anies, terdapat beberapa pos jabatan kosong. Di antaranya, Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD), Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan. Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Direktur Utama Rumah Sakit Pasar Rebo, Kepala Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI.

Untuk jabatan yang kosong, Anies mengatakan akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Dia menyebut hal itu bukan masalah karena posisi-posisi kosong saat ini tengah dilelang.

"Jadi kita ingin melakukan reform secara lengkap. Salah satu cara reform adalah dengan mendapatkan pemimpin yang tepat di bidangnya. Karena itu kenapa Plt supaya kita bisa melakukan promosi terbuka. Kalau tidak ada Plt kita tidak bisa melakukan promosi terbuka," kata Anies. [has]

Baca juga:
Anies Resmikan Gerai Sembako Murah untuk Buruh SPSI
Anies Sebut Pencopotan 15 Pejabat Setara Kepala Dinas Karena Faktor Kinerja
Pesan Anies ke 1.125 Pejabat Baru: Tidak Ada Periode Adaptasi, Langsung Kerja
Usai Rotasi 1.125 Pejabat, Anies Akui Masih Banyak Jabatan Kosong
Anies Stafkan Kadis Sumber Daya Air, Kepala BPBUMD Masuk TGUPP
Alasan Anies Rotasi Ribuan Pejabat Pemprov DKI

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini