Deretan Janji Kampanye Anies Dahulu, Sudah Terealisasi Seluruhnya?

Minggu, 16 Oktober 2022 06:01 Reporter : Syifa Hanifah
Deretan Janji Kampanye Anies Dahulu, Sudah Terealisasi Seluruhnya? anies baswedan pembina pramuka. ©2019 Merdeka.com/anies baswedan pembina pramuka

Merdeka.com - Lima tahun sudah Anies Baswedan menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Dia dan wakilnya Ahmad Riza Patria segera meletakkan jabatannya. Terhitung mulai hari ini, Minggu, 16 Oktober 2022.

Anies menang dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Semula, dia berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka diusung tiga parpol. Yakni Gerindra, PKS dan PAN.

Anies mengungguli petahana Basuki Tjahana Purnama alias Ahok yang kala itu berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat. Keduanya diusung PDIP, Golkar, NasDem dan Hanura.

Dalam perjalannya, Anies harus berpisah dengan Sandiaga yang mencalon sebagai wakil presiden pada Pemilu 2019 lalu. Posisi Sandiaga digantikan Riza kini.

anies riza hadiri paripurna

2 dari 6 halaman

Ngebut Tunaikan Janji Kampanye

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies dan Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada bulan Mei 2017. Selang lima bulan kemudian, keduanya resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Setelah resmi berkantor di Balai Kota DKI Jakarta, Anies dan Sandiaga langsung ngebut bekerja. Sejumlahjanji kampanye yang digaungkan selama masa kampanye, buru-buru dieksekusi keduanya.

Sekadar mengingatkan, di masa kampanye terdahulu, banyak janji-janji yang ditawarkan Anies dan Sandi. Jika mengacu pada website jakartamajubersama.com, janji yang pernah disampaikan Anies maupu Sandi mencapai 40 lebih. Keempat puluh program itu antara lain;

anies tinjau aktivitas warga di masa transisi
©2020 Istimewa

3 dari 6 halaman

Janji Kampanye Anies

- KJP Plus

Dalam dunia pendidikan, Anies mengeluarkan gebrakan dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus untuk keperluan pendidikan. Sebelumnya di era Gubernur Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah ada KJP. Pembedanya, KJP Plus lebih luas menyasar siswa usia 6 sampai 21 tahun. Besarannya beragam, SD/MI Rp250.000, SMP/MTs Rp300.000, SMK Rp450.000, SMA/MA dana yang didapat sebesar Rp420.000 dan dana yang didapat untuk jenjang PKBM Rp300.000.

- Janjikan Lapangan Kerja melalui Program OK OCE

One Kecamatan One Centre Entrepreneurship (OK OCE) menjadi salah satu program yang gencar dijanjikan Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno semasa kampanye di Pilgub DKI Jakarta 2017.

OK OCE adalah pembinaan kewirausahaan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di bawah Sudin Koperasi dan UMKM. Program ini mulai dijalankan di bawah kepemimpinan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Saat itu Pemprov DKI menganggarkan Rp82 miliar untuk OK OCE melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan Perdagangan DKI Jakarta.

Pasca Sandiaga Uno memutuskan menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019, program OK OCE sudah tidak terdengar lagi.

Namun, sejak 2020 OK OCE sudah bermetamorfosis menjadi Jakpreneur (Jakarta Entrepreneurship). Program Jakpreneur memberikan fasilitas pengembangan usaha melalui tahapan pendaftaran, pelatihan, pendampingan, fasilitasi perizinan, fasilitasi pemasaran, fasilitasi pelaporan keuangan, dan fasilitasi akses permodalan.

Anies mengklaim dengan adanya program Jakpreneur, sudah menuntaskan janji politiknya. Ditargetkan, pelaku UMKM baru di Jakarta hingga 2022 mencapai 200.000 orang.

Anies bahkan menyatakan, target 200.000 pelaku UMKM pada 2022 sejatinya telah terpenuhi pada tahun 2021. Saat Festival Jakpreneur, Minggu 24 Oktober 2021 Anies mengatakan sudah ada 287.000 pelaku UMKM yang berpartisipasi.

Anies pun memastikan pelaku UMKM yang tergabung dalam Jakpreneur dibantu Pemprov DKI dalam permodalan.

"Kita juga serius memberikan bantuan berupa akses permodalan yang bernilai lebih dari Rp500 miliar yang diberikan kepada para pelaku usaha kecil dan mikro," ucap Anies pada acara Festival Jakpreneur, Minggu (24/10/2021).

- Rusunawa

Dalam janji kampanye pada 2017 silam, Anies Baswedan berkomitmen untuk memberikan rumah layak huni berupa Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk warga Jakarta. Anies mengklaim sebanyak 12 rusunawa dibangun dalam periode empat tahun dari 2018 hingga 2022. Ke-12 rusunawa terdiri dari 33 tower dengan total 7.421 unit.

Diketahui, 10 rusunawa dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Tiga di antaranya merupakan bangunan rusunawa yang direvitalisasi, yaitu Cipinang besar utara, Karang Anyar, dan Penjaringan. Sementara itu, tujuh rusunawa yang baru dibangun, yaitu PIK 1, PIK 2, Pulo Jahe, Padat Karya, Kelapa Gading, Ujung Menteng, dan Cakung Barat.

Kemudian, ada dua rusunawa yang dijalankan menggunakan dana Koefisien Lantai Bangunan (KLB), yaitu rusunawa Daan Mogot terdiri dari empat tower, dan rusunawa di Pulo Gebang Penggilingan tiga tower.

- Hunian DP Nol Rupiah

Program hunian down payment (DP) 0 Rupiah merupakan program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyita perhatian publik sejak pertama kali menjabat. Kala itu, program ini digagas untuk mengakomodir keinginan warga berpenghasilan pas-pasan untuk punya rumah di Jakarta.

Rusun pertama yang dibangun oleh Pemprov DKI adalah rusun sederhana milik (rusunami) di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Total ada 780 unit hunian yang terbangun di atas lahan 5.686 meter persegi.

Tetapi, di akhir masa jabatannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menurunkan target pembangunan hunian rumah DP Rp0 menjadi 9.081 unit dari yang sebelumnya berjumlah 232.214 unit. Target baru ini tercatat dalam Peraturan Gubernur Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026. Alasannya, karena menyesuaikan dengan masa bakti Penjabat (Pj) Gubernur yang hanya 2 tahun.

- Reklamasi

Anies Baswedan menepati janjinya mencabut izin reklamasi 13 pulau di Jakarta Utara. Pada 26 September 2018, Anies resmi mengumumkan penghentian proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Tiga belas pulau yang dicabut izinnya adalah Pulau A, B, E, H, I, J, K, L, M , O, F, P dan Q. Sedangkan pulau C, D, G dan N izinnya tidak dicabut karena sudah terlanjur dibangun.

Anies kemudian mengubah tiga nama pulau reklamasi. Pulau C diubah menjadi Pantai Kita, Pulau D menjadi Pantai Maju dan Pulau G adalah Pantai Bersama. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 1744 Tahun 2018 tentang Penamaan kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju dan Kawasan Pantai Bersama.

Kini Pantai Kita Maju Bersama menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Jakarta. Bahkan, Anies menghadirkan rute bus TransJakarta menuju kawasan jalan sehat dan sepeda santai alias Jalasena di Pantai Maju, Jakarta Utara. Anies menyebut, kode rute TransJakarta yang melayani akses ke sana adalah TransJakarta rute 1A.

Di akhir masa jabatannya, Anies kembali mengeluarkan aturan terkait pulau reklamasi. Anies menetapkan Pulau G hasil reklamasi teluk Jakarta sebagai zona ambang yang diarahkan untuk kawasan permukiman. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan DKI Jakarta.

pulau reklamasi
©2018 Merdeka.com

 

 

4 dari 6 halaman

- Revitalisasi TIM

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) seutuhnya rampung dilaksanakan dan telah dibuka untuk publik sejak September 2022. TIM menjadi destinasi baru bagi warga Jakarta menikmati ruang terbuka sambil menyaksikan pertunjukan kesenian dan kebudayaan.

TIM kini dilengkapi berbagai. Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di Area Perpustakaan Gedung Panjang Kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) kini ditata lebih modern dan dilengkapi wisma pelatihan. Kemudian ruang terbuka hijau yang merupakan taman di atas parkiran, Gallery Anex, Graha bhakti budaya, teater halaman, serta masjid Amir Hamzah.

Namun untuk gedung Planetarium sampai saat ini masih ditutup untuk umum hingga proses revitalisasi selesai.

- Disabilitas

Memberikan kesetaraan untuk semua warga Jakarta adalah janji Anies. Termasuk bagi penyandang disabilitas. Beberapa fasilitas publik di Jakarta dibuat memudahkan penyandang disabilitas beraktivitas.

Salah satunya Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang dibangun ramah penyandang disabilitas.

Akses pintu utama di zona barat didesain menggunakan jembatan dan bukan tangga. Terdapat 25 toilet khusus penyandang disabilitas. Penonton penyandang disabilitas juga disediakan tempat khusus di tribun.

- Transportasi (tarif terintegrasi)

Beberapa program Anies, mewujudkan transportasi publik yang terintegrasi yang aman dan nyaman, dengan JakLingko, fasilitas transportasi umum yang terintegrasi antara angkutan umum, MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta dan KAI Commuter.

Untuk tarif integrasi antarmoda, yakni Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), dan Transjakarta di Jakarta dengan harga maksimal Rp10 ribu sudah dapat dinikmati oleh pengguna transportasi umum.

Masyarakat dapat menggunakan tarif integrasi melalui aplikasi JakLingko. Dengan menggunakan aplikasi JakLingko, masyarakat harus terlebih dahulu menginput lokasi tujuan dan memilih rekomendasi rute sesuai tujuan.

Namun, bila pengguna hanya menggunakan satu moda saja, tarif yang berlaku akan sama dengan tarif yang berlaku di masing-masing operator saat ini. Contohnya, bila hanya menggunakan Transjakarta, penumpang tetap dikenakan biaya sebesar Rp 3.500,-

Untuk Mikrotrans dengan scan-in tiket di armada, yang biasanya terdapat di samping sopir, belum dapat dilakukan dan masih dalam tahap pengembangan. Tarif masih berlaku Rp 0.

- Janji Tak Menggusur

Sejak masa kampanye Pilgub DKI, Anies selalu menolak penggusuran. Merdeka.com mencatat, berulang kali Anies menegaskan sikapnya menolak segala bentuk penggusuran yang dilakukan pemerintah sebelumnya. Dan Anies pun berjanji tidak akan melakukan itu.

Tapi tercatat pada November 2019 silam, Pemprov DKI membongkar bangunan di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kamis 14 November 2019. Saat itu, penertiban tersebut berujung bentrok karena warga mempertahankan bangunan mereka yang sudah ditinggali sejak puluhan tahun tersebut.

Penggusuran tersebut dilakukan guna menciptakan tata ruang ramah lingkungan dan sehat, serta mengembalikan fungsi saluran air agar tidak menimbulkan banjir.

anies resmikan ruang limpah sungai di jagakarsa

5 dari 6 halaman

- Jakarta Bebas Banjir

Saat kampanye 2017 silam, Anies berjanji akan menangani permasalah lingkungan di Jakarta penyebab utama banjir. Salah satu upaya yang dilakukan Anies untuk mengatasi banjir membangun sumur resapan.

Sumur resapan adalah rekayasa konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai sumur galian dengan kedalaman tertentu. Sumur resapan akan menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah.

Sayangnya di sejumlah titik dikritik karena dianggap tidak tepat. Seperti titik sumur resapan di trotoar Jl Lebak Bulus. Atau titik sumur resapan di badan Jalan Lebak Bulus III, Jakarta Selatan yang dinilai merusak aspal dan membahayakan pengendara.

Bahkan, Anies mengatakan kondisi banjir di ibu kota yang menjadi sorotan selama sepekan terakhir. Menurut Anies, banjir di Jakarta sekarang tidak mengkhawatirkan.

Seluruh genangan banjir diklaim bisa surut dalam waktu kurang dari 6 jam. Menurut Anies, hal itu dikarenakan manajemen penanganan banjir telah berjalan baik.

Program normalisasi kali juga tak sepenuhnya berjalan sempurna. Sebab ketika musim hujan, kerap kali air sungai meluap dan membanjiri wilayah di sekitarnya.

- Tata Hunian Kumuh

Anies sudah merampungkan pembangunan Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Dia menegaskan, rampungnya pembangunan Kampung Susun Akuarium sebagai pelunasan janji-janji kemerdekaan dan wujud kehadiran negara membantu rakyat lemah.

Diketahui, terdapat 2 blok bangunan 5 lantai yang terdiri dari 107 unit hunian telah terbangun melalui dana kewajiban pengembang.

Sebelumnya, hunian liar di Kampung Akuarium dibongkar oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sampai akhirnya dibangun kembali oleh Anies sebagai wujud merealisasikan janji kampanye.

Selanjutnya Anies membangung Kampung Gembira Gembrong, permukiman Pasar Gembrong, di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. Total terdapat 138 rumah yang diperuntukkan bagi warga Kampung Gembira Gembrong korban kebakaran pada April 2022.

Anies Anies menyampaikan Kampung Gembira Gembrong dibangun kembali dengan bangunan yang lebih sehat. Selain itu, bangunannya dicat warna warni, mencerminkan kampung Gembira Gembrong yang juga gembira warganya.

- Meluncurkan Kartu Kesejahteraan

Untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang lebih sejahtera, Pemprov DKI Jakarta memperkenalkan kartu kesejahteraan. Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah program pemenuhan kebutuhan dasar bagi lansia berusia 60 tahun keatas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya, Kartu Anak Jakarta adalah program pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak seperti pemenuhan kebutuhan nutrisi susu anak, makanan bergizi, dan keperluan penunjang lainnya yang mendukung perkembangan anak usia 0 sampai 6 tahun. Terakhir, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) merupakan salah satu program bantuan yang bertujuan untuk mencegah kerentanan sosial bagi para penyandang disabilitas di DKI Jakarta, serta memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Masing-masing dari penerima bantuan tersebut akan mendapatkan dana bantuan per bulan sebesar Rp600.000,- untuk Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Rp300.000 untuk Kartu Anak Jakarta (KAJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). KLJ, KAJ dan KPDJ sendiri berbentuk kartu ATM yang diterbitkan oleh Bank DKI yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan transaksi oleh pemegang kartu.

Juga memiliki manfaat lain berupa gratis naik Transjakarta, kemudahan membeli pangan bersubsidi, hingga terdaftar secara otomatis sebagai anggota JakGrosir.

Selanjutnya ada Kartu Jakarta Sehat (KJS) hadir sebagai sebuah program jaminan pemeliharaan kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui UP Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat dalam bentuk bantuan pengobatan.

anies baswedan luncurkan kartu penyandang disabilitas

6 dari 6 halaman

- Stadion bertaraf Internasional (JIS)

Selain itu, janji kampanye Anies yang tuntas di akhir masa jabatannya yakni, berhasil membangun Jakarta Internasional Stadium (JIS). Anies mengatakan JIS diperuntukkan bagi The Jakmania, warga Jakarta, dan Indonesia.

Anies mengaku JIS merupakan salah satu janji kampanye Anies pada 2017 lalu. "Di tempat ini, telah lama dijanjikan dan hari ini janji itu dibayar tunai," katanya.

JIS memiliki kapasitas 82.000 tempat duduk, 200 di antaranya bakal dirancang khusus untuk penyandang disabilitas. PT Jakpro juga akan menyiapkan 24 lot parkir kendaraan dan 25 toilet khusus yang ramah penyandang disabilitas.

- Pengolahan Sampah DKI

Salah satu janji Anies adalah mampu mengendalikan produksi sampah dengan memaksimalkan pengelolaan dan pengolahan sampah. Untuk mewujudkan itu, dibangun fasilitas pengolahan sampah Landfill Mining dan Refused Derived Fuel (RDF) Plant di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), Bantargebang, Bekasi.

Untuk diketahui, RDF Plant merupakan teknologi pengolahan sampah yang akan mengubah endapan sampah menjadi bahan bakar. Adapun bahan bakar yang dihasilkan setara dengan batu bara muda untuk bahan bakar industri.

Anies mengatakan, pembangunan pengolah sampah ini telah mencapai 83 persen dan diharapkan rampung pada Desember 2022.

- Mewujudkan Kota Hijau

Hadirnya Tebet Eco Park, Jakarta Selatan menjadi salah satu cara yang dipakai Anies untuk menghadirkan keindahan alami taman melalui pemulihan ekosistem dan naturalisasi ruang terbuka hijau dan biru, serta penyediaan fasilitas taman yang mengakomodasi ragam aktivitas warga.

Ada 8 zona pada Tebet Eco Park yang merepresentasikan alam di tengah kota, yaitu sisi utara terdapat Tebet Eco Park Plaza, Community Lawn, Thematic Garden, dan UMKM. Sedangkan di sisi selatan terdapat Wetland Boardwalk, Community Garden, Children Playground, dan Forest Buffer.

Tebet Eco Park yang terdiri dari taman sisi utara dan selatan dihubungkan oleh jembatan bernama "Infinity Link Bridge". Taman ini juga dilengkapi dengan speaker taman, pet park, dan jogging track untuk menambah kenyamanan warga.

Selain itu, Anies juga melakukan revitalisasi di sejumlah sebagai tempat bersantai warga Jakarta. Pada tempat-tempat itu, dia berusaha menghadirkan konsep hijau. Bahkan di hari-hari terakhir masa kerjanya, Anies meresmikan 100 taman maju bersama di sejumlah titik. Harapannya, ruang terbuka di Jakarta terus bertambah.

anies baswedan resmikan penataan taman semanggi

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini