Cerita Pengalaman Anies Jajal JPO Tanpa Atap Saat Hujan Rintik: Sensasi Berbeda

Kamis, 7 November 2019 14:00 Reporter : Merdeka
Cerita Pengalaman Anies Jajal JPO Tanpa Atap Saat Hujan Rintik: Sensasi Berbeda JPO tanpa atap di Jalan Sudirman. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, kebijakan membuka atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat untuk memberikan pengalaman baru bagi pejalan kaki.

Anies menyebut pemandangan gedung pencakar langit lebih jelas dari atas JPO tersebut. Hal tersebut disampaikan Anies dalam unggahan di media sosial instagram @aniesbaswedan.

"Dan memberikan pengalaman berjalan yang menyenangkan bagi siapa pun yang menyeberang," kata Anies, Kamis (7/11).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan keunikan dari koridor JPO Sudirman, yakni adanya jejeran gedung pencakar langit. Selama ini pemandangan itu tidak pernah ditonjolkan sebagai pengalaman tersendiri.

"JPO itu kini berfungsi ganda sebagai anjungan melihat lanskap megahnya koridor Sudirman," ucapnya.

Dia melanjutkan, bila JPO menghubungkan area seperti antara dua bangunan gedung, maka atap menjadi keharusan. Selain itu, Anies menyatakan JPO Sudirman juga tidak terhubung dengan halte Transjakarta.

"Tapi JPO menghubungkan antara dua areal yang sama-sama outdoor dengan outdoor, maka memang JPO ini adalah bagian dari outdoor atau ruang terbuka," ujar dia.

1 dari 2 halaman

Sensasi Berbeda

Anies menyebutkan alternatif untuk penyeberangan setelah atap JPO Sudirman dibuka. Salah satunya yakni Stasiun MRT.

"Di dekat JPO sudah terdapat stasiun MRT Setiabudi sebagai alternatif penyeberangan," ucap Anies.

Selain itu dia mengaku sudah sempat mencoba JPO Sudirman setelah atap dibuka. Dia menceritakan pengalamannya.

"Semalam saya juga sempat menyeberang di JPO ini, cuacanya masih rintik-rintik hujan, merasakan sensasi yang berbeda lagi," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Arahan Gubernur

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyatakan pembukaan atap jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat sudah melalui persetujuan Gubernur Anies Baswedan.

"Sebelumnya sudah mohon arahan gitu Pak Gub setuju ya sudah jadi konsepnya terbuka," kata Hari saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (6/11).

Rencananya tak hanya JPO Jalan Sudirman saja yang akan dibuka atapnya. Kendati begitu Hari masih enggan menyebutkan lokasi detailnya.

Sementara itu, bila konsep JPO untuk terintegrasi dengan Bus Transjakarta hanya akan direvitalisasi dengan konsep berbeda. Layaknya, JPO Gelora Bung Bung Karno (GBK) yang dilengkapi sejumlah fasilitas menarik.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [noe]

Baca juga:
Dinas Bina Marga DKI: JPO Tanpa Atap Hanya Ada di Tengah Kota
JPO Tanpa Atap di Jakarta akan Didesain Mirip Jembatan Semanggi
Kadis Bina Marga Soal JPO Tanpa Atap: Kalau Hujan Enggak Mungkin Mau Nyeberang
Menengok JPO Tanpa Atap di Jalan Sudirman
Keluhan Warga Sebrangi JPO Tak Beratap ala Anies Baswedan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini