Cari Solusi Masalah Jakarta, Anies Gandeng Perusahaan Digital

Selasa, 22 Oktober 2019 14:37 Reporter : Hari Ariyanti
Cari Solusi Masalah Jakarta, Anies Gandeng Perusahaan Digital Anies bersepeda di Fatmawati. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggandeng sejumlah perusahaan digital start up untuk mencari solusi atas sejumlah perusahaan di DKI Jakarta. Pelibatan perusahaan digital ini dinamakan Sandbox Project.

Anies menyampaikan, pihaknya mengundang sejumlah perusahaan digital untuk bertemu dengan unit-unit di sejumlah dinas mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat Jakarta dan bagaimana solusinya. Perusahaan digital yang dilibatkan yaitu Tokopedia, Gojek, Shopper, Grab, Bukalapak, dan lainnya.

"Tujuannya adalah kita ingin membuat agar pelayanan dari Pemprov kepada warga itu bisa lebih efisien. Tujuannya agar warga bisa lebih dimudahkan dalam segala aspek dari aspek misalnya situasi kegentingan sampai urusan pendidikan, kesehatan, perizinan dan lain-lain," katanya usai bertemu perwakilan perusahaan digital di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/10).

Dia mengatakan, pihaknya mencoba membandingkan cara penanganan masalah konvensional yang biasa dilakukan pihaknya dengan solusi yang diusulkan para perusahaan digital. Setelah sesi diskusi, pihaknya akan membangun kolaborasi dengan perusahaan ini.

"Jadi nantinya kita bisa kolaborasi antara Pemprov dengan startup-startup ini. Misalnya, ada perusahaan AI (Artificial Intelligent), dia bantu BPRD jadi punya kemampuan deteksi plat nomor, info mana kendaraan yang sudah bayar pajak, di tempat parkir atau di jalan raya. Itu contoh," jelasnya.

"Kemudian juga ada yang terkait dengan rumah sakit, informasi tentang fasilitas rumah sakit se-Jakarta, dimana yang masih ada kamar kosong, dimana yang penuh tapi dalam satu sistem informasi sehingga ketika ada orang yang membutuhkan kegentingan itu dibawah ke tempat yang juga sesuai. Ini contoh-contoh aja, banyak yang di diskusi yang tadi," lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dengan kerjasama ini diharapkan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan lebih baik. Anies mengatakan MoU telah ditandatangani bulan September lalu dan selanjutnya akan dilakukan eksekusi. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini