Cari solusi banjir Jakarta jangka panjang, Anies akan undang pakar

Rabu, 13 Desember 2017 12:02 Reporter : Hari Ariyanti
Cari solusi banjir Jakarta jangka panjang, Anies akan undang pakar Anies di apel FKKPI. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Banjir masih menjadi persoalan utama dan PR Pemprov DKI Jakarta yang belum bisa dituntaskan hingga saat ini. Dalam dua hari terakhir, di beberapa titik muncul genangan dan banjir setelah hujan melanda Ibu Kota.

Sebagai solusi jangka panjang mengatasi banjir, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan akan mengundang dan membicarakan masalah ini dengan para pakar. Dia ingin penanganan persoalan ini berbasis pada program ramah lingkungan.

"Kita ingin solusi jangka panjang nanti kita bicarakan dengan pakar-pakar juga, solusi jangka panjangnya yang environment friendly," jelasnya, Rabu (13/12).

Persoalan sungai di tiap wilayah menurutnya perlu penanganan berbeda. Karena itulah pentingnya mengundang para pakar yang ahli di bidang lingkungan membahas hal ini.

"Jadi kita ingin naturalisasi sungai. Kita undang pakarnya. Tiap-tiap daerah beda-beda tapi kita tidak ingin sekadar pasang tembok, enggak. Solusi jangan pendek mengamankan solusi jangka panjang. Nanti kita panggil pakarnya sehingga ekosistem sungainya tetap terjaga," paparnya.

Khusus di kawasan Jati Padang yang masih langganan banjir, selain akan membongkar rumah warga pinggir sungai, pihaknya juga akan mengkaji ulang wilayah hulu atau Setu Babakan. Dengan demikian saat musim hujan air di sungai tetap dapat tertampung dan tak meluap ke permukiman penduduk.

"Kalau dicek apakah memungkinkan untuk mengurangi debitnya, sehingga dari hulunya pun khusus untuk aliran ini bisa dilakukan perbaikan yang komprehensif. Jadi itu hasil di lapangan dan warga dengan kejadian ini siap. Tapi kita belum tahu direlokasi atau bagaimana," jelasnya.

Setiap solusi dalam penanganan banjir harus benar secara ekologis. Setelah musim hujan terlewati, solusi jangka panjang akan segera dirancang.

"Sampai musim hujan ini terlewati, habis itu kita selesaikannya jangka panjang. Karena solusi jangka pendek, pengalaman mereka pasti akan terulang ulang terjadi," ujarnya.

Terkait rencana pembongkaran rumah di pinggir sungai di kawasan Jati Padang, Anies mengatakan penanganan tiap rumah akan berbeda.

"Ada rumahnya yang panjang yang tidak perlu pindah, ada yang rumahnya mepet sekali dan enggak ada belakangnya mungkin itu yang harus pindah cuma mundur," jelasnya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir Jakarta
  2. Anies Sandiaga
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini