Camat Kelapa Gading Meninggal, Kantor Kecamatan Ditutup dan Pegawai Swab Test Massal

Minggu, 20 September 2020 17:34 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Camat Kelapa Gading Meninggal, Kantor Kecamatan Ditutup dan Pegawai Swab Test Massal Pelepasan jenazah camat Kelapa Gading. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menutup sementara Kantor Kecamatan Kelapa Gading, mulai Senin (21/9) hingga Rabu (23/9). Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Utara, Abdul Khalit mengatakan, kebijakan penutupan ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca meninggalnya Camat Kelapa Gading Muhammad Hermawan akibat terinfeksi Covid-19 pada Sabtu (19/9).

"Kami sangat kehilangan salah seorang pamong terbaik. Kejadian ini memberikan pembelajaran agar kami lebih awas mengantisipasi penyebaran Covid-19," kata Abdul dalam keterangannya, Minggu (20/9).

Selama masa penutupan, seluruh area kantor akan disemprot disinfektan. Jajaran Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara juga akan melakukan swab test massal terhadap seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Kelapa Gading. Sementara itu, pelayanan publik akan dilaksanakan secara daring.

"Kita juga akan melakukan contact tracing. Semaksimal mungkin kita akan upayakan cegah penyebaran. Jadi selama penutupan, layanan secara daring," ujarnya.

Sebagai informasi, Muhammad Harmawan meninggal dunia pada usia 47 tahun setelah berjuang selama empat hari di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso selama empat hari, mulai 14 September 2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, sebelum meninggal, Camat Kelapa Gading, Jakarta Utara Muhamad Harmawan mengalami gangguan pernapasan berat (acute respiratory distress syndrome/ARDS) dan hiperkoagulopati akibat infeksi Covid-19.

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengenang Harmawan sebagai sosok yang santun dan pekerja keras. Kepergian salah satu pegawainya menjadi kehilangan terbesar bagi Pemerintah Kota Jakarta Utara.

"Tentu ini kehilangan yang amat besar. Beliau punya dedikasi dan loyalitas yang tinggi, dan sosok ayah yang amat menyayangi keluarga. Atas nama almarhum, atas nama keluarga, saya juga mengucapkan permohonan maaf apabila selama beliau bertugas, di dalam berinteraksi, ada tutur kata yang salah dari beliau. Insya Allah kita semua sudah memaafkan dan yang dikenang adalah budi baik dari Almarhum," ujar Sigit.

Sebelum menjabat sebagai Camat Kelapa Gading sejak 2019, Hermawan pernah menjadi staf Walikota Jakarta Utara, Kasubag Verifikasi Bagian Keuangan Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2005-2008 dan Kasubag Anggaran Bagian Keuangan Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2008 - 2014.

Kemudian, Hermawan juga pernah menjabat sebagai Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum dan Protokol Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2015-2016, serta Kabag Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2017-2019. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini