Hot Issue

Blusukan Risma di Jakarta yang Bikin Gerah

Kamis, 7 Januari 2021 08:03 Reporter : Fikri Faqih
Blusukan Risma di Jakarta yang Bikin Gerah Mensos Tri Rismaharini sambangi tunawisma. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Aksi Blusukan Menteri Sosial, Tri Rismaharini menjadi sorotan berbagai pihak. Mulai dari kalangan pejabat hingga masyarakat. Aksi politikus PDIP itu juga membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Ahmad Riza Patria gerah. Bahkan DPRD DKI juga sempat heran dengan aksi Risma.

Anies langsung memerintahkan Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat untuk mencari tunawisma tersebut. Dua hari pencarian, tak kunjung membuahkan hasil.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Ngapuli Paranginangin sangsi ada tunawisma dengan gerobak dan kardus di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

"Kalau yang gerobak-gerobak yang ada bawa-bawa kardus, bawa karung, itu sebenarnya bukan orang situ dia memang ya mohon maaf mungkin apa ya kalau dia asli pemulung kan mobile saja dia pakai gerobak, jalan. Itu kan nongkrong di situ ada apa ini jadi tanda tanya kita," katanya, Rabu (6/1).

Sementara itu, Riza mengaku, selama hidup di Jakarta baru mengetahui ada tunawisma di jalan protokol Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Pengakuan itu diucapkan setelah Menteri Sosial Tri Rismaharini menemukan tunawisma di jalan tersebut.

"Terkait dengan adanya tunawisma di jalan Sudirman-Thamrin memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun, baru dengar ada tunawisma di jalan Sudirman-Thamrin," tegasnya di Balai Kota DKI Jakarta.

Tak hanya Pemprov DKI, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria juga meminta Risma fokus menangani distribusi bantuan sosial alias bansos. Dia menilai, Risma lupa dengan jabatannya saat ini sebagai Menteri Sosial bukan lagi menjadi Wali Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurutnya, permasalahan tunawisma merupakan tanggung jawab setiap kepala daerah, sementara tugas menteri memiliki cakupan lebih luas.

"Yang saya sangat sayangkan adalah, harusnya Bu Risma itu fokus dulu ke masalah bantuan-bantuan sosial yang kemarin jebol, dipikirkan sistemnya, bagaimana BLT supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Iman, Selasa (5/1).

Ketua komisi yang membidangi Kesra itu meminta Risma memberikan kesempatan pemerintah kota menangani segala permasalahan di wilayah administrasi masing-masing. Meski demikian, Iman menegaskan peristiwa tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin tetap menjadi catatan Komisi E DPRD sebagai bahan evaluasi terhadap Pemprov DKI.

Baca Selanjutnya: Penjelasan Kemensos Blusukan Risma...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini