Besok, Pemprov DKI Mulai Uji Coba Road Bike di Jalan Sudirman-Thamrin

Minggu, 6 Juni 2021 12:06 Reporter : Nur Habibie
Besok, Pemprov DKI Mulai Uji Coba Road Bike di Jalan Sudirman-Thamrin Uji Coba Kedua Road Bike di JLNT. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan uji coba kegiatan road bike di ruas jalan Jenderal Sudirman-M.H Thamrin, Jakarta Pusat. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai Senin, (7/6) hingga Jumat (11/6), sejak pukul 05.00 Wib sampai 06.30 Wib.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pelaksanaan uji coba tersebut akan dilakukan tanpa penerapan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas jalan.

"Pada pelaksanaannya nanti, seluruh peserta uji coba kegiatan road bike diimbau berada pada lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Dan bagi kendaraan bermotor untuk tidak menggunakan lajur yang digunakan sebagai lintasan road bike," kata Syfrin kepada wartawan, Minggu (6/6).

Syafrin menyebut, untuk seluruh peserta uji coba kegiatan road bike yang masih berada di ruas jalan Jenderal Sudirman - M.H Thamrin setelah pukul 06.30 Wib, agar menggunakan jalur sepeda terproteksi yang telah tersedia.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan," sebutnya.

Penebalan Personel

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan penebalan personel dalam rangka uji coba road bike di kawasan Sudirman-M.H Thamrin, Jakarta Pusat. Nantinya, personel sudah bersiaga sejak pagi hari.

"Kami dari pihak Ditlantas Polda Metro Jaya, kami akan menempatkan personel, penebalan. Kemudian upaya preemtiv, kemudian preventiv kami juga, tentu dalam uji coba jalur road bike tersebut," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana Suryanagara kepada wartawan, Minggu (6/6).

"Kemudian pada pukul 06.30 Wib ke atas, selama kurang lebih satu minggu ini, petugas kami juga sudah kami arahkan dan siap di lapangan," sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga mengarahkan para pesepeda untuk tetap berada di jalur saat saat beraktivitas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

"Selama satu minggu ini juga kita sudah mulai preemtiv dan preventif mengerahkan bagi pengendara kendaraan tidak bermotor khususnya di Sudirman-Thamrin untuk masuk dalam jalurnya," ujarnya.

Ia pun mengaku, selama satu minggu ini para pesepeda sudah tertib dan mematuhi aturan yang sudah ada serta sudah paham dengan ketentuan yang sudah ada.

"Alhamdulillah dari upaya ini juga terpantau selama satu minggu ini, para pengemudi kendaraan tidak bermotor sudah paham bahwa ketentuan di UU Lalu Lintas, untuk kendaraan tidak bermotor wajib masuk ke dalam jalur untuk kendaraan tidak bermotor apabila sudah disiapkan," ungkapnya.

"Alhamdulillah semua kondusif, selama satu minggu ini sebagian besar masyarakat sudah bisa mematuhi aturan tersebut," tambahnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk saling menghargai apabila adanya uji coba jalur road bike.

"Kami mengimbau apabila nanti adanya uji coba untuk jalur road bike di Sudirman Thamrin mari kita saling menghargai sesama pemakai jalan guna mengakomodir berbagai macam kepentingan mudah-mudahan semua berjalan dengan kondusif dan saling menghargai sesama pemakai jalan," tutupnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini