Bertemu Sandiaga, Sutiyoso ingatkan penghentian reklamasi bisa rusak iklim investasi

Selasa, 21 November 2017 16:38 Reporter : Syifa Hanifah
Bertemu Sandiaga, Sutiyoso ingatkan penghentian reklamasi bisa rusak iklim investasi Sutiyoso dan Sandiaga. ©2017 Merdeka.com/Facebook Sandiaga

Merdeka.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso memenuhi undangan makan siang dari Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dalam pertemuan tersebut, dia mengatakan, banyak berbagi pengalaman dengan Sandiaga Uno.

Salah satunya terkait pembangunan pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Mantan Kepala BIN ini juga memberikan masukan kepada Sandiaga untuk mengambil langkah terbaik. Di mana intinya semua kebijakan harus menguntungkan rakyat terlebih nelayan.

"Saya ingin memberikan win-win solution. Bagaimanapun investasi itu besar ya, mungkin melibatkan investor asing. Kalau tiba-tiba saklek kita batalkan gitu barangkali itu menimbulkan juga iklim investasi yang tidak baik di Indonesia," jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/11).

Dia mengungkapkan, apa yang disampaikannya kepada Sandiaga hanya berupa saran. Sebagai seorang yang pernah memimpin ibu kota, Sutiyoso mengatakan, hanya ingin berbagi pengalaman.

"Tetapi Anies-Sandi juga punya kepentingan sebagai kepala daerah. Menyelamatkan lingkungan dan juga utamanya nelayan. Tadi sudah saya berikan saran bagaimana mencari win-win solution, yang paling penting adalah nelayan ini juga terurus," terangnya.

Bang Yos sapaan akrabnya Sutiyoso mengakui tak memandang proyek reklamasi sebagai sesuatu yang tabu dan berbahaya. Sebab jika melihat ke negara luar, proyek reklamasi sendiri memang bukan sesuatu yang baru.

"Saya juga dulu kan merencanakan itu, buat saya reklamasi bukan sesuatu yang tabu. Lihat, Singapura contohnya, tapi yang jelas ada persyaratannya, amdalnya harus jelas, itu saja," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini