Begini persiapan anak buah Jokowi hadapi banjir

Selasa, 19 November 2013 12:29 Reporter : Saugy Riyandi
Begini persiapan anak buah Jokowi hadapi banjir Perbaikan drainase. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta menyatakan semua pompa air siap menghadapi musim hujan pada akhir 2013 dan awal 2014. Dari 73 pompa air di waduk, situ, dan kali, hanya tinggal 11 unit yang kini masih rusak. Kepala Dinas PU DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan mengatakan 11 pompa tersebut saat ini masih dalam tahap perbaikan.

"Hingga hari ini masih ada 11 yang sedang diperbaiki, ini semua pompa yang kapasitas aliran airnya besar, yang kecil-kecil juga kita sedang perawatan," ujar Manggas di kantornya, Senin (18/11/2013).

Manggas menjelaskan, Dinas PU DKI Jakarta telah membuat langkah sepuluh langkah cepat untuk mengatasi banjir di Jakarta yaitu pembentukan satuan petugas (Satgas) banjir di 42 kecamatan dan suku dinas, pembentukan satgas jalan rusak di 42 kecamatan dan sudin PU, penanganan 200 titik genangan, pengerukan 160 saluran penghubung, pengerukan saluran submakro, pengerukan 12 waduk, refungsi kali di 80 lokasi, perbaikan 73 pompa air pengendali banjir, perbaikan 62 pintu air, dan pemasangan CCTV di 130 rumah pompa.

Selain pompa, lanjut Manggas, pihaknya juga mengadakan alat berat dengan cara pembelian elektronik atau e-purchasing. Pembelian dilakukan melalui katalog elektronik yang dikeluarkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

"Dulu saat saya masuk di Dinas PU Februari 2013, sangat miris, alat berat cuma ada enam, sisanya sewa. Tahun ini kita adakan 23 unit alat berat, dan pada APBD Perubahan kita anggarkan 50 alat berat lagi," kata dia.

Sementara untuk menanggulangi genangan di jalanan, Dinas PU DKI membuat program penambahan mulut air di sepanjang jalan yang rawan terkena genangan. Mulut air yang ada di setiap ruas jalan ditambah jumlahnya.

Biasanya jarak antar mulut air itu lima meter, kini diperpendek menjadi dua hingga dua setengah meter. Manggas menjelaskan, jumlah kali penghubung di DKI Jakarta sebanyak 884, yang kini sedang dinormalisasi yakni 160 kali.

"Seperti di Petogogan yang tadi didatangi pak Gubernur itu salah satunya, kita tau itu tidak pernah dikeruk, sebab tidak ada ruang untuk alat berat, sudah penuh dengan bangunan semua," jelas dia.

Dalam APBD DKI Jakarta 2013, anggaran Pemeliharaan dan operasional infrastruktur pengendali banjir termasuk di dalamnya pompa sebesar Rp 260 miliar. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir Jakarta
  2. Jokowi Ahok
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini