Begini mekanisme pembayaran klaim KJS dengan sistem online

Reporter : Nurul Julaikah | Kamis, 14 Maret 2013 11:38
Begini mekanisme pembayaran klaim KJS dengan sistem online
Kartu Sehat. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta segera memberlakukan pembayaran klaim Kartu Jakarta Sehat (KJS) dari rumah sakit swasta melalui sistem online. Tahap awal, sistem ini akan diujicoba di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Kita lagi mau bikin pelatihan mereka untuk nagih secara online," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota Jakarta, Kamis (14/3).

Setelah sistem ini rampung, maka cara pembayaran manual akan dihapus. Proses manual juga dinilai terlalu makan waktu lama.

Ahok menambahkan, dengan sistem online justru pembayaran lebih mudah dan cepat. Sistem ini juga meminimalisir terjadinya kesalahan.

"Kalau sistem online, saat kamu salah masukkan tapi menekan enter, maka keluar tanda merah. Itu ngasih tahu salah. Langsung ketahuan di komputernya. Seperti kita ngisi online, misalnya nama harus dimasukkan, kalau salah gak bisa diproses," katanya.

Pembayaran klaim kemudian akan diproses tidak lebih dari 12 hari. Setelah semua datang cocok, maka data-data yang dimasukkan itu akan terhubung dengan bank mitra dan proses transfer dimulai.

"Jadi tidak ada lagi tagih menagih," jelas Ahok.

Sistem ini akan dimulai awal April nanti. Dengan sistem ini, pengawasan dan kontrol akan lebih mudah dilakukan. Untuk nilai klaim, paket rumah sakit swasta lebih tinggi dibandingkan rumah sakit umum daerah (RSUD).

[lia]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE