Banyak yang laporkan, kubu Zaskia Gotik pasrah

Rabu, 30 Maret 2016 19:12 Reporter : Muchlisa Choiriah
Banyak yang laporkan, kubu Zaskia Gotik pasrah Zaskia Gotik. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Wakil Ketua Komite 3 DPD RI Fahira Idris ikut melaporkan pedangdut Zaskia Gotik ke SPK Polda Metro Jaya. Zaskia dilaporkan atas tuduhan melecehkan lambang negara Indonesia dalam suatu acara televisi beberapa waktu lalu.

Kuasa Hukum Zaskia, Edi Ribut Harwanto, menilai tidak bisa melaporkan orang yang sama dengan pasal yang sama.

"Dalam hukum itu, kalau laporannya banyak sekali tapi pasalnya sama itu artinya ketika ini dilakukan penyelidikan maupun penyidikan dan misalnya adanya unsur tindak pidana perkara yang sama tidak bisa disidik dua kali. Apalagi sudah berkekuatan hukum tetap. Walaupun sama dan objek sama dan undang undang sama tidak boleh dilidik dua kali," jelas Edi saat mendampingi pemeriksaan kliennya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/3).

Meski begitu, Edi menuturkan siapa saja yang merasa tercemar atas tindakan kliennya, boleh melapor. Sebab Indonesia negara hukum.

"Nggak masalah silakan, yang mau lapor silakan. Kami sifatnya menunggu saja. Yang jelas kami sudah meminta maaf," jelasnya.

Seperti diketahui, Zaskia hari ini menjalani pemeriksaan atas kasus tersebut sebagai saksi. Edi mengungkapkan kliennya lega usai ditanya 17 pertanyaan oleh penyidik.

"Neng Zaskia diperiksa sebagai saksi. Pemeriksaan sangat-sangat enjoy, rileks dan tidak ada paksa-paksaan. Penydik sudah melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan hukum acara dan sangat profesional dengan melakukan BAP. Selanjutnya ketika proses penyelidikan ini dibutuhkan, Insya Allah neng akan kooperatif jika dipanggil lagi," ujarnya.

"Mengenai masalah tersangka atau tidak, kita tunggu hasil proses penyelidikan. Ini masih proses penyelidikan, jadi proses penyelidikan dan penyidikan bnrbeda. Penyelidikan masih mencari ada nggak unsur - unsur tindak pidana, kalau tidak ada unsur tindak pidana hasil temuan dari pemeriksaan saksi, alat bukti bisa saja persoalan ini tidak terbukti. Kan kita tak bisa menghukum orang yang tak bersalah. Tentunya neng sebagai warga negara yang baik segala apapun masalah ini akan dihadapi dengan penuh kebijakan. Siap neng (Jika jadi tersangka)," tutupnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini