Bangun infrastruktur LRT, DKI gelontorkan dana Rp 500 miliar

Senin, 8 Juni 2015 15:24 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya
Bangun infrastruktur LRT, DKI gelontorkan dana Rp 500 miliar LRT Manila. ©wikipedia.org

Merdeka.com - Pembangunan moda transportasi Kereta Rel Ringan, atau yang dikenal dengan nama Light Rail Transit (LRT), dipastikan akan terlaksana dalam waktu dekat. Pemprov DKI Jakarta akan menggelontorkan dana sekitar Rp 500 miliar hanya untuk memulai pembangunan awalnya.

Dikatakan Kepala badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, anggaran sebesar itu akan dilimpahkan ke Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, sebagai SKPD yang bertanggungjawab atas pembangunannya.

"Saya akan titipkan anggaran kurang lebih Rp 500 miliar untuk pembangunan LRT," ujar Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6).

Heru mengatakan, anggaran sebesar itu hanya akan diperuntukkan bagi pemancangan tiang, serta konstruksi jalan di jalur pertama yang akan dibangun bagi moda transportasi tersebut.

Dalam hal ini, Heru menegaskan bahwa pihak Dishubtrans harus melakukan lelang, untuk menentukan perusahaan pemegang proyek pembangunan infrastruktur LRT tersebut.

"Jadi sekarang ini kewajiban kepala Dishubtrans untuk mempercepat pembangunan," ujar Heru.

Diketahui, dalam melakukan pembangunan LRT ini, Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan skema, yang mengatur pembangunan infrastruktur moda transportasi itu agar bisa dilakukan oleh pemerintah, namun pengelolaannya akan dipegang oleh pihak swasta.

Pemprov DKI menargetkan anggaran sebesar Rp 500 miliar itu dengan maksud, agar bisa terpakai minimal di bulan November tahun 2015 mendatang. Di bulan itu pula, BPKAD DKI juga berencana, untuk kembali menganggarkan dana sebesar Rp 2 triliun, untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur LRT tersebut. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini