Balap Motor di Ancol Resmi Dibuka, Ketua IMI Harap Jadi Role Model Polda Indonesia

Minggu, 16 Januari 2022 11:49 Reporter : Bachtiarudin Alam
Balap Motor di Ancol Resmi Dibuka, Ketua IMI Harap Jadi Role Model Polda Indonesia Balap Motor Perdana di Ancol. Bachtiaruddin

Merdeka.com - Balap motor yang digagas Polda Metro Jaya resmi dibuka. Ajang adu cepat kuda besi itu dilaksanakan di kawasan Jalan Infeksi Kali Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap street race diprakarsai Polda Metro Jaya dapat menjadi contoh jajaran kepolisian di daerah lain. Menurut dia, ajang balapan ini dapat menjadi wadah menyalurkan hobi tunggangan kuda besi anak-anak Indonesia.

"Agar menjadi role model bagi Polda-polda seluruh di Indonesia. Dan yang penting adalah menemukan bibit pebalap di Indonesia," kata Bamsoet saat sambutan pembukaan acara balapan.

Bamsoet mengatakan, ajang balapan ini sangat berpotensi menemukan calon bibit-bibit pebalap dari Indonesia. Sebab menurut dia, dengan maraknya balapan liar yang sebelumnya ada sangat bahaya apabila tidak diwadahi.

"Saya dari tadi begitu masuk ke wilayah sini, saya lihat ada video yang menggambarkan kepada kita betapa dahsyatnya kalau pebalap tidak diarahkan ke yang hal positif tidak sedikit yang meregang nyawa," kata Bamsoet yang juga ketua MPR tersebut.

Oleh karena itu, Bamsoet menekankan dengan digelarnya balap motor tersebut menjadi wadah bagi para pebalap alias joki menyalurkan hobi balapannya.

"Hanya satu kata keren," ujar Bamsoet.

2 dari 2 halaman

Bukan Balap Liar

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menjelaskan bahwa ajang ini adalah perubahan dari balapan jalanan yang sebelumnya liar kini menjadi resmi.

"Tapi ini sudah diwadahi. Jadi ini transformasi balapan Street Race," kata Fadil.

Meskipun area street race sempat diguyur hujan. Namun pada pukul 10.40 WIB, hujan telah berhenti dan para pebalap pun sudah mulai memanaskan motor-motornya.

Setidaknya dalam ajang balapan kali ini tercatat ada sekitar 350 pebalap yang telah memdaftar untuk mengikuti balapan ini dari total delapan kategori.

Delapan kategori itu di antaranya bebek dua tak, bebek empat tak, Sport dua tak, Sport empat tak, matik, Vespa dua tak; FFA (Free For All) dan Sunmori (ban besar, lampu menyala).

Baca juga:
Balapan Perdana Diguyur Hujan, Begini Penampakan Arena Balap Motor di Ancol
Begini Syarat dan Ketentuan Ikut Latihan Bersama Street Race di Ancol
Balap Liar Difasilitasi, Polisi Harap Tak Ada Lagi Taruhan hingga Keributan di Jalan
Perlu Strategi Matang Memutus Mata Rantai Balap Liar
Balapan bagi Pembalap Liar di Ancol Dimulai 16 Januari, Ini Syarat & Cara Daftarnya
Persiapan Trek Balap Liar Legal di Ancol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini