Baca teks sambutan peringatan Hari Pahlawan, Sandiaga mengaku kehausan

Jumat, 10 November 2017 10:08 Reporter : Hari Ariyanti
Baca teks sambutan peringatan Hari Pahlawan, Sandiaga mengaku kehausan Sandiaga pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Eks IRTI. ©2017 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Eks IRTI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/11). Dalam upacara yang dihadiri legiun veteran DKI Jakarta itu, dia membacakan teks sambutan dari Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Usai upacara, Sandi mengaku kehausan setelah membaca 12 halaman sambutan itu. Dia mengungkapkan, baru pertama kali membaca sambutan sepanjang itu.

"Pidato terpanjang dari sejarah hidupku. Haus," ujarnya.

Kendati kepanjangan, politisi Gerindra ini mengaku isi sambutan itu sangat menarik. Banyak pahlawan di sekitar kita yang berjuang dalam senyap dan tanpa berkoar-koar menyebut diri pahlawan. Pahlawan itu termasuk juga para guru dan orang tua yang telah berjuang membesarkan anak-anaknya.

"Pahlawan ini tentunya pahlawan yang ada di zaman now. Pahlawan yang harus meneruskan perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa sebelumnya," jelasnya.

Tugas pahlawan zaman sekarang, disampaikan Sandi, ialah mengisi kemerdekaan dengan memperkokoh persatuan. Pesan dalam sambutan itu menurutnya sangat relevan dengan kondisi saat ini serta orisinil dan harus diviralkan.

Seorang pahlawan, kata dia, harus berpikir positif dan konstruktif. "Pahlawan ini yang membangun dan merekatkan persatuan bangsa untuk memajukan Indonesia," jelasnya.

Sandiaga pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Eks IRTI ©2017 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Pihaknya pun ingin terus membangun silaturahim dengan para veteran. Perjuangan veteran ini menurutnya tidak sia-sia dan tak ternodai oleh gerakan-gerakan yang dapat memecah belah bangsa.

Perhatian atau apresiasi terhadap para veteran, kata Sandi, selalu diberikan secara rutin. Terpenting, menurutnya, tak sekadar apresiasi tapi peran para veteran harus dihayati bahwa keberadaan Indonesia saat ini berkat jasa para pahlawan, termasuk para veteran.

"Kita berdiri, ada di Lapangan IRTI ini tentu karena perjuangan mereka. Tidak akan mungkin kita semua ada di sini, bisa menikmati kemerdekaan ini tanpa perintis dan perjuangan dari dari para veteran, para pahlawan," jelasnya.

Sandiaga menjelaskan, bentuk perhatian yang akan diberikan Pemprov DKI Jakarta ialah salah satunya memastikan kehidupan para veteran bisa berkecukupan. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini