Aturan Pergub, Alasan Polisi Tangkap Wanita yang Pakai Masker Tak Benar Saat di Mobil

Kamis, 17 September 2020 12:02 Reporter : Bachtiarudin Alam
Aturan Pergub, Alasan Polisi Tangkap Wanita yang Pakai Masker Tak Benar Saat di Mobil Ilustrasi masker. ©Pixabay

Merdeka.com - Lewat video, seorang wanita bercerita terkena razia karena mengenakan makser tidak benar. Padahal saat itu dia hanya seorang diri di dalam mobil.

Setelah dirazia, wanita itu dibawa ke posko operasi yustisi yang menurutnya suasananya jauh lebih mengkhawatirkan karena tak ada jaga jarak di tengah suasana pandemi Covid-19. Sebagai orang yang sehat, dia malah menjadi khawatir.

"Tadi aku ketangkep gara-gara di mobil sendirian, terus aku karena pengapkan mau bernapas sedikit aku ditangkep dong," kata wanita di dalam video tersebut yang dilihat merdeka.com pada Rabu (16/9).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan terkait penggunaan masker secara benar untuk semua warga DKI Jakarta sudah dijelaskan dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Pasal 4 Nomor 79 Tahun 2020.

"Pasal 4 Pergub 79 2020, kewajiban menggunakan masker yang menutupi hidung mulut dan dagu. Ketika menggunakan kendaraan bermotor," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Kamis (17/9).

Sambodo menerangkan dalam aturan Pergub tersebut tidak ada pengecualian untuk tidak memakai masker di saat mengendarai mobil sendirian. Sebagaimana posisi yang dialami wanita tersebut.

"Di dalam pergub tersebut tidak disebutkan ada pengecualian apabila menggunakan kendaraan sendirian," tuturnya.

Kendati demikian, Sambodo mengatakan atas kejadian ini pihaknya akan melakukan evaluasi untuk ke depannya. Sebab menurutnya, petugas hanya menjalankan aturan yang berlaku.

"Tapi ke depan ini menjadi bahan evaluasi bagi kami. Kami melaksanakan perintah undang undang Pasal 4 ayat 1 huruf a," jelas dia.

Baca Selanjutnya: Aturan dalam Pergub...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini