Atasi banjir Pesanggrahan, Jokowi ubah rawa jadi waduk

Senin, 18 November 2013 13:27 Reporter : Saugy Riyandi
Jokowi tinjau banjir. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ( Jokowi ) berencana menambah tempat penampungan air di Jakarta Selatan, tepatnya di Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, dengan mengubah rawa menjadi waduk. Kecamatan tersebut sering dilanda banjir akibat meluapnya Kali Pesanggrahan.

"Besok sudah dimulai pengerjaannya. Harusnya sekarang, tapi sopirnya eskavator belum ada," ujar Jokowi saat blusukan ke Rawa Lindung, Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Jokowi mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan lahan seluas 1,5 hektar. Namun, saat ini Pemprov baru membebaskan lahan seluas 1,1 hektar. Selebihnya, 4.000 meter lagi masih dalam proses pembebasan.

"Nanti yang 4.000 meter belum. Tapi warga sudah mau kok," tegas dia.

Pantauan merdeka.com, saat ini Rawa Lindung masih dipenuhi eceng gondok dan air pun terlihat keruh. Sedangkan, satu eskavator masih parkir di depan rawa dan belum dioperasikan.

Sementara itu, warga setempat, Solikin (51) mengatakan Rawa Lindung dahulunya adalah sawah. Karena tidak digunakan lagi, maka dijadikan tempat pemancingan oleh para warga.

"Kalau hujan di sini banjir. Menggenangi rumah warga," kata Soli [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi Ahok
  2. Banjir Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini