Hot Issue

Apa Kabar Pembahasan RAPBD DKI 2021?

Sabtu, 17 Oktober 2020 08:02 Reporter : Yunita Amalia
Apa Kabar Pembahasan RAPBD DKI 2021? Gedung Balai Kota DKI Jakarta. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum melakukan pembahasan terkait rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Sementara tahun 2020 hanya menyisakan 75 hari. Ini bukan kali pertama, keterlambatan pembahasan anggaran sudah kerap terjadi di Jakarta.

Pada tahun 2019, pembahasan APBD DKI 2020 juga molor. DPRD DKI Jakarta kala itu meminta perpanjangan waktu pembahasan APBD 2020 ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2020, seharusnya pengesahan dilakukan sebelum 30 November 2019. Akhirnya, APBD DKI 2020 disahkan pada 11 Desember 2019.

Kepala perwakilan Ombudsman Jakarta, Teguh P Nugroho menilai keterlambatan mencerminkan kompetensi organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

"Keterlambatan yang terjadi secara rutin sebetulnya menunjukan tingkat kompetensi dari para OPD dalam menyusun RKPD. Itu yang berulang, kenapa terjadi terus," katanya, Jumat (16/10).

Dia menambahkan, proses pembahasan APBD 2021 bahkan menjadi berat dalam menyusun kebijakan umum APBD prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) di tengah karena pendapatan asli daerah (PAD) turun secara tajam akibat pandemi Covid-19.

Teguh pun menyarankan agar Pemprov DKI tak segan meminta bantuan dari pihak Kementerian Dalam Negeri dalam penyusunan anggaran 2021.

"Inputnya kan, PAD terjun bebas, dana perimbangan juga harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan pendapatan lain juga merosot drastis. outputnya juga berubah menjadi penanganan Covid, baik bansosnya, sapras kesehatan, penanganan dampak ekonomi selama pandemik. Jadi menurut saya dalam kondisi seperti ini tidak tabu bagi Pemprov meminta bantuan asistensi dari Depdagri," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Pemprov DKI Belum Kirim KUA-PPAS...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini