Antisipasi Genangan, Anies Minta Saluran Air di Kawasan Proyek Tak Tersumbat

Kamis, 31 Januari 2019 13:54 Reporter : Merdeka
Antisipasi Genangan, Anies Minta Saluran Air di Kawasan Proyek Tak Tersumbat Anies Baswedan. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau pihak pengelola proyek pembangunan di Ibukota untuk memperhatikan saluran air. Dia menyebut hal tersebut guna mengantisipasi genangan air akibat curah hujan yang tinggi.

"Saluran air di area proyek itu sudah ada ketentuannya. Tidak boleh terhambat, tidak boleh terhalang-halangi oleh bahan-bahan pekerjaan proyek," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (31/1).

Dia menjelaskan, setiap area proyek sebenarnya telah tersedianya saluran air. Akan tetapi seringkali terhambat oleh material proyek. Sehingga menimbulkan genangan ketika curah hujan tinggi.

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengharapkan, genangan tinggi di terowongan Cawang, Jakarta Timur tak akan terulang.

"Itu tertutup oleh pembatas jalan yang dipasang oleh kontraktor di sana. Jadi, salurannya lancar, tapi menuju salurannya terhambat. Jadi seperti itu nanti harus diperiksa lagi," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah jalan di DKI Jakarta pada Rabu (30/1) pagi tergenang air dengan ketinggian 10 hingga 40 sentimeter. Hal ini akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu dini hari tadi.

Di Jakarta Utara, yakni Jalan Raya Kelapa Hibrida, Kelapa Gading, ketinggian genangan air sekitar 30-40 sentimeter. Kemudian di Kecamatan Penjaringan, Pluit terjadi genangan setinggi 10-15 sentimeter, lalu Kelurahan Kamal Muara setinggi 10-20 sentimeter.

Sementara di Jakarta Barat, genangan terjadi di Jalan Taman Sari Raya sekitar 10 sampai 15 sentimeter dan Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggian genangan 10-20 sentimeter

Menurut data BPBD DKI Jakarta di akun twitternya, hingga pukul 06.50 WIB, terdapat beberapa kecamatan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang tergenang.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini