Anies Temukan Anggaran Belanja Kaos untuk Lomba Sampai Rp200 Juta

Kamis, 31 Oktober 2019 15:17 Reporter : Merdeka
Anies Temukan Anggaran Belanja Kaos untuk Lomba Sampai Rp200 Juta Erick Tohir Bertemu Anies Baswedan di Balai Kota. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumpulkan jajarannya untuk membahas pembengkakan anggaran dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran (KUA-PPAS) untuk APBD 2020. Mantan Mendikbud itu menyoroti sejumlah anggaran yang diajukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Salah satunya soal anggaran untuk kegiatan lomba. Anies kaget anggaran kaos untuk perlombaan mencapai Rp200 juta.

"Apa yang unik dari anggaran ini, belanja anggaran kaos Rp200 juta. Kaosnya 1.100 pula jumlahnya," kata Anies dalam video yang dikutip merdeka.com, Kamis (31/10).

Anies mempertanyakan urgensi dari pengadaan ribuan kaos itu. Padahal, katanya, jika dipakai untuk hal lebih bermanfaat sangatlah tepat.

"Coba kala ini dipakai untuk membangun fasilitas di sekolah yang menang. Maka manfaatnya jauh lebih besar bukan?" kata Anies.

Dia sempat menceritakan berapa banyak kaos dari penyelenggaraan acara yang dia hadiri. "Sesudah saya bertugas di sini stok kaos dan training celana itu banyak sekali, setiap saya hadir acara selalu dapat kaos dan training. Mending kalau dipakai," kritik Anies.

"Mau kita teruskan begitu? Jangan," tegas Anies.

1 dari 2 halaman

Anggaran Lomba, Hadiah Pemenang Lebih Kecil dari Penyelenggaraan

Dalam belanja anggaran tersebut, Anies juga heran dana untuk hadiah pemenang hanya 7 persen dari anggaran penyelenggaraan.

"Ini namanya asal ada. Ini contoh-contoh I will not tolerate, saya tidak akan mentoleransi, saya tidak akan memarahi dengan membentak-bentak, saya akan langsung berikan teguran saya akan langsung tindak," kata Anies.

Sebab menurutnya, penyelenggaraan sebuah lomba yang terpenting adalah memberikan perasaan bahagia pada pesertanya.

"Karena banyak lomba yang memotivasi dan menjadikan lomba bermanfaat untuk masyarakat. Tapi jangan untuk penyelenggara, untuk masyarakat," jelasnya.

2 dari 2 halaman
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini