Anies Tak Yakin Kemacetan Jakarta Berkurang Meski Ibu Kota Pindah

Selasa, 27 Agustus 2019 10:39 Reporter : Yunita Amalia
Anies Tak Yakin Kemacetan Jakarta Berkurang Meski Ibu Kota Pindah Anies Baswedan di Polda Metro Jaya. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak meyakini ada dampak signifikan terhadap kemacetan meski ibu kota berpindah. Sebagaimana pernyataan presiden saat mengumumkan perpindahan ibu kota, Anies menuturkan jika Jakarta tetap menjadi pusat bisnis maka tingkat polusi dan kemacetan menurutnya tidak terpengaruh besar.

Ia menyebutkan pemerintah sejatinya tidak berkontribusi besar dalam hal kemacetan. Ada dua sumber kemacetan di jakarta yakni transportasi rumah tangga dan transportasi keluarga atau bisnis.

"Saya tidak yakin kalau dari sisi jumlah karena kontribusi kemacetan terbesar itu kegiatan transportasi rumah tangga yang kedua adalah kegiatan transportasi keluarga," ujar Anies di Balai Kota, Selasa (27/8).

Kendati demikian, ia berkomitmen pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus meningkatkan kualitas transportasi umum. Sehingga, pengguna transportasi pribadi beralih ke transportasi publik.

Meski tidak secara instan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meyakini para pengguna transportasi pribadi akan beralih ke transportasi publik seiring dengan tingkat kenyamanan.

"Tetap kita harus memperbaiki transportasi umum supaya rumah tangga dan dunia usaha gunakan transportasi umum," tandasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini