Anies Soal Pencari Suaka: Keputusan Ada di Pemerintah Pusat

Kamis, 29 Agustus 2019 11:42 Reporter : Merdeka
Anies Soal Pencari Suaka: Keputusan Ada di Pemerintah Pusat Anies Salurkan Bantuan Kartu Penyandang Disabilitas. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masih menunggu respon dari pemerintah pusat terkait nasib para pencari suaka yang saat ini berada di Kalideres, Jakarta Barat. Pasalnya, Pemprov DKI Jakarta akan menghentikan bantuan per tanggal 31 Desember 2019.

"Kita menunggu akhir bulan ini, tinggal besok ya. Keputusan ada di pemerintah pusat, karena kita pada prinsipnya DKI itu memberikan bantuan bersifat kemanusiaan," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (29/8).

Dia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta tidak punya kewenangan untuk menentukan nasib para pencari suaka. Hal itu adalah kewenangan dari pemerintah pusat dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Meski begitu, karena pencari suaka berada di wilayah Jakarta, Anies memastikan pihaknya berupaya maksimal memberi bantuan.

"Kenyataannya mereka keberadaan di wilayah Jakarta, dan ada kebutuhan dasar hidup manusia yang harus dipenuhi, maka kita fasilitasi sebatas bantuan kemanusiaan," ujarnya.

"Tapi kalau solusi kemudian jangka panjang seperti apa itu di luar kewenangan kami. Karena itu (kewenangan) pemerintah pusat nanti," tutup mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini