Anies Segera Proses Jabatan Sekda yang Merangkap Plt Wali Kota Jakarta Selatan

Jumat, 22 Januari 2021 19:36 Reporter : Yunita Amalia
Anies Segera Proses Jabatan Sekda yang Merangkap Plt Wali Kota Jakarta Selatan Anies Baswedan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan posisi Marullah Matalli untuk melepas jabatannya sebagai Pelaksana tugas Wali Kota Jakarta Selatan masih menunggu proses oleh Gubernur Anies Baswedan.

"Segera Pak Gub proses, nanti segera akan diputuskan posisinya," ujar Riza di Balai Kota, Jumat (22/1).

Politikus Gerindra itu mengatakan pergantian atau penempatan satu jabatan harus melalui satu proses, sehingga tidak bisa dilakukan secara cepat.

"Menentukan pejabat-pejabat itu kan ada mekanismenya, ada prosesnya, dilihat, ada syaratnya, kan harus dipenuhi dulu, proses yang dilalui, syaratnya harus dipenuhi," jelasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali tetap menjabat sebagai Plt Wali Kota Jakarta Selatan untuk sementara waktu.

Hal tersebut berdasarkan Surat Perintah Tugas bernomor 20/-082.74 yang ditandatangani oleh Anies pada Selasa (19/1/2021). Dalam surat tersebut Marullah akan menjabat hingga ada penetapan walikota definitif.

"Memerintahkan Marullah Matali, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan tugas sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan di samping jabatannya sebagai Sekda, terhitung mulai 18 Januari sampai dengan pejabat definitif ditetapkan dan/atau paling lama tanggal 18 April 2021," kata Anies dalam surat perintah tersebut, Rabu (20/1).

Selain itu, Marullah diberikan kewenangan secara penuh dan fungsi sebagai wali kota. Marullah tetap harus melapor seluruh hasil kegiatan tugasnya sebagai Plt kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Perintah tugas ini untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," jelasnya.

Anies Baswedan melantik Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta di Balai kota, Jakarta Pusat, Senin (18/1). Pemilihan Sekda DKI sudah diproses berdasarkan UU ASN Tahun 2014 dan Permenpan Tahun 2014, serta PP Nomor 11 Tahun 2014 tentang Manajemen PNS.

"Proses itu sudah tuntas. Alhamdulillah, hari ini adalah babak baru, satu sisi menuntaskan proses seleksi, sisi lain memulai kerja besar bersama dengan Sekda yang baru," kata Anies dalam keterangannya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengharapkan agar Marullah dapat menjalankan amanat baru ditengah pandemi Covid-19. Sebab saat ini, kata Anies, keadaan kesehatan dan perekonomian di Ibu Kota melemah.

"Selain itu, Sekda juga diminta bisa memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di DKI Jakarta berjalan dengan baik. Kemudian, di satu sisi, kita ingin Pemprov DKI Jakarta mengejar target semua terkait pembangunan yang sudah ada baik di RPJMD maupun di KSD," ucapnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini