Anies segera perintahkan lakukan uji coba LRT

Jumat, 24 Agustus 2018 20:04 Reporter : Merdeka
Anies segera perintahkan lakukan uji coba LRT lrt. ©2015 frohsz.de

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, surat izin uji coba untuk Light Rail Transit (LRT) akan segera diterbitkan. Dia menyebut pihaknya tetap mengedepankan keseluruhan proses keselamatan yang ada.

"Intinya kita ingin tertib secara proses. Karena safety itu penting," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/8).

Dia beralasan tidak ingin mengecewakan masyarakat Ibu Kota bila nantinya masih terjadi permasalahan secara teknis. Sehingga dia menyatakan ingin mengedepankan kenyamanan dan keselamatan.

"Kita tidak ingin menyegerakan, nanti setelah jalan bermasalah. Ada kan yang seperti itu, sudah disegerakan, dikebut muncul masalah," ujarnya.

Karena hal itu, Anies menyebut pihaknya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan segera menerbitkan surat uji coba LRT.

"Begitu ini beres, saya cek kembali kapan bisa mengeluarkannya. Tapi percaya saja sama Dishub," jelasnya.

Sementara itu, Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor 1 Fase 1 dinyatakan laik untuk dioperasionalkan secara terbatas. Operasional dalam rangka uji coba LRT antara Stasiun Velodrome hingga Stasiun Mall Kelapa Gading tersebut berlangsung selama 30 hari dimulai 21 Agustus hingga 20 September 2018.

Operasional tersebut ditandai dengan turunnya dua surat rekomendasi dari Kementerian Perhubungan. Pertama, rekomendasi teknis prasarana perkeretaapian jalur ganda layang dan bangunan kereta api ringan (LRT) Jakarta antara Stasiun Velodrome dan Stasiun Mall Kelapa Gading.

Kedua rekomendasi teknis pengoperasian perkeretaapian fasilitas operasi LRT Jakarta antara Stasiun Velodrome dan Stasiun Mall Kelapa Gading.

"Operasional secara fungsional ini bersamaan dengan perbaikan teknis sesuai rekomendasi dari tim pengujian Balai Pengujian Perkeretaapian," ungkap Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (24/8/2018).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini