Anies Sebut Pemerintah Pusat Belum Punya Solusi Untuk Pencari Suaka

Rabu, 4 September 2019 12:56 Reporter : Hari Ariyanti
Anies Sebut Pemerintah Pusat Belum Punya Solusi Untuk Pencari Suaka anies baswedan. ©Liputan6.com/ika defianti

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait keberadaan pengungsi pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat. Saat ini pemerintah pusat tengah mencari tempat untuk merelokasi para pencari suaka ini.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu keputusan pemerintah pusat. Dia mengungkapkan, pihaknya tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa bertindak dari sisi kemanusiaan.

"Saya koordinasi dengan pemerintah pusat, mereka juga sedang mencari tempat baru. Kita tunggu. Karena sisi kami, yang bisa kita lakukan adalah aspek kemanusiaan. Tetapi kalau solusi terhadap mereka sendiri itu di luar kewenangan kita," katanya, Selasa (3/9).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, jika Pemprov DKI Jakarta tak ingin melampaui kewenangan pemerintah pusat. Karena itulah yang bisa dilakukan adalah membantu dari sisi kemanusiaan khususnya pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan, minum, penyediaan fasilitas MCK dan lainnya.

"Itu yang bisa kita support. Tapi pengaturannya, kita tak memiliki kewenangan. Tadi pagi (Selasa pagi) saya koordinasi dengan pemerintah pusat soal itu, mereka sedang mencari solusi tempat, kalau sudah kita kebut," jelasnya.

Dia mengatakan bisa saja nantinya relokasi para pencari suaka ini ke lahan milik Pemprov DKI, namun tetap menunggu keputusan pemerintah pusat.

"Tapi harus menunggu dari pusat dulu, bagaimana arahnya," jelasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini