Anies Sebut Hasil Program Naturalisasi Sungai Bisa Terlihat Akhir Tahun Ini

Kamis, 2 Mei 2019 13:50 Reporter : Merdeka
Anies Sebut Hasil Program Naturalisasi Sungai Bisa Terlihat Akhir Tahun Ini Anies Baswedan resmikan air siap minum di Stasiun MRT Dukuh Atas. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan proyek naturalisasi sungai akan tampak hasilnya akhir tahun ini. Saat ini, pengerjaan sedang berjalan.

"Bahkan 2019, nanti kita sudah lihat jadi hasilnya akhir tahun ini Insya Allah sudah selesai," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, proses naturalisasi bertujuan menghidupkan kembali ekosistem sungai, airnya jernih dan sejumlah makhluk di dalamnya bisa hidup terjaga.

"Kalau makhluk-makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah. Itu yang akan kita lakukan," ucapnya.

Tak hanya itu, untuk menangani banjir Anies berencana membangun tanggul di pesisir Jakarta. Sedangkan untuk mengatasi banjir akan dibuat program drainase vertikal.

"Wilayah-wilayah yang tanah-tanahnya itu mampu menyerap air, di situ kita bangun program drainase vertikal dan sungai-sungai yang sekarang ada itu," jelasnya.

Istilah naturalisasi sungai ini beberapa kali dilontarkan Anies Baswedan sejak beberapa waktu lalu. Seperti ketika meninjau banjir di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan yang disebabkan tanggul di wilayah tersebut jebol pada pertengahan Desember 2017.

Pada pemerintahan sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat memakai istilah normalisasi sungai untuk menangani banjir. Sungai dikeruk dan merelokasi warga yang tinggal di bantara sungai. Namun, Anies menuturkan naturalisasi sungai berbeda dengan normalisasi.

Naturalisasi sungai, tutur Anies, tidak akan menggusur rumah warga di bantaran sungai. Dia hanya hanya akan menggeser rumah warga.

"Itu dua hal yang berbeda. Penanganannya juga berbeda. Kemarin hujannya terjadi di Jakarta, sekarang hujannya terjadi di hulu dan airnya ke Jakarta. Makanya evaluasi nanti dilakukan setelah air surut," kata Anies beberapa waktu lalu.

Anies juga mengatakan, dengan naturalisasi sungai, maka tercipta lingkungan yang ramah karena tetap memperhatikan sisi ekologisnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini