Anies: Saya Produk Pendidikan Indonesia 100 Persen

Minggu, 2 Mei 2021 19:31 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Anies: Saya Produk Pendidikan Indonesia 100 Persen Anies Baswedan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kemendikbud-Ristek, Senayan, Jakarta Pusat hari ini, Minggu (2/5). Anies diundang Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim sebagai Mantan Menteri Pendidikan tahun 2014-2016. Dalam pidatonya, Anies bercerita mengenai pengalamannya selama menjadi pelajar di Indonesia. Anies mengungkapkan rasa bangganya karena bersekolah di sekolah negeri sejak SD hingga kuliah.

"Saya produk pendidikan Indonesia 100 persen. SD negeri, SMP negeri, SMA negeri, kuliah negeri, 100 persen saya ini produk kurikulum pemerintah Indonesia dan saya bersyukur mendapatkan pendidikan itu hari ini," kata Anies di halaman Kemendikbud-Ristek, Minggu (2/5).

Anies mengaku sangat merasakan manfaat mengenyam pendidikan di sekolah negeri selama belasan tahun. Dia merasa, didikan para pendidik di sekolah negeri berhasil membuatnya berada pada posisi sekarang ini.

"Ada jejak dari para pendidik kita dan jejak dari kurikulum yang diterapkan di masanya, hari ini saya merasakan manfaatnya," ungkapnya.

Anies kemudian mengingatkan bahwa pendidikan merupakan instrumen yang sangat penting bagi kemajuan bangsa ini.

"Kita diingatkan tentang pentingnya pendidikan, pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah kunci satu-satunya untuk bisa mengubah nasib pribadi, maupun nasib kolektif bangsa," kata Anies.

Untuk itu, menurutnya saat ini pemerintah Indonesia harus memastikan bahwa seluruh anak Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang merata.

"Tugas kita sekarang memastikan semua (anak) mendapat kesempatan yang sama untuk bisa terdidik, maju, dan meraih cita-cita, bahkan melampaui cita-cita," pesannya.

Dia juga mendorong pemerintah untuk memastikan para pendidik bisa mengantisipasi kemajuan teknologi dan perubahan zaman. Dia berharap, kebijakan yang diambil pemerintah di bidang pendidikan saat ini sudah tepat.

"Kita berharap di masa depan, generasi selanjutnya bisa merasakan kebijakan yang kita lakukan," harapnya.

Sebagai informasi, Mantan Mendikbud itu menghabiskan waktu belajarnya sejak SD hingga kuliah di sekolah negeri di Kota Yogyakarta. Anies bersekolah di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan melanjutkan ke SMA Negeri 2 Yogyakarta. Anies terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS di sekolahnya. Dia juga terpilih menjadi ketua OSIS se-Indonesia pada tahun 1985.

Pada tahun 1989, ia kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan terpilih menjadi Ketua Senat kampusnya pada tahun 1992. Anies kemudian melanjutkan kuliah masternya di University of Maryland dan kuliah doktornya di Northern Illinois University, Amerika Serikat. Anies juga sempat mengikuti sekolah musim panasnya di Sophia University, Tokyo pada tahun 1993. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini