Anies Resmikan Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas

Selasa, 30 April 2019 12:12 Reporter : Merdeka
Anies Resmikan Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas Anies Resmikan Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Kawasan Berorientasi Transit atau Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas yang menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta. Yaitu, TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), Light Rail Transit (LRT), dan Kereta Bandara.

Bersamaan dengan itu, Anies juga meresmikan fasilitas air siap minum di sana. Menurutnya, kedua peresmian ini akan sangat membantu bagi masyarakat di ibu kota.

"Jadi Jalan Kendal sekarang digunakan 100 persen untuk pejalan kaki, dan kita berharap fasilitas yang kita bangun akan memudahkan warga di dalam berpindah antar moda," tutur Anies di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (30/4).

Anies mengatakan, pihaknya akan memastikan agar transisi antar moda transportasi bagi para pengguna dan pejalan kaki mudah digunakan.

Kemudian, fasilitas air siap minum yang ada juga diharapkannya dapat mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai.

"Ini bagian dari kampanye kita untuk memperbanyak penggunaan botol dari rumah, tumbler, sehingga kita tidak perlu menggunakan plastik yang sekali pakai lalu dibuang," jelas Anies.

"Dan nantinya ini akan dibangun di lebih banyak tempat, di Transjakarta, halte-haltenya, begitu juga di stasiun-stasiun MRT yang lain termasuk di koridor Sudirman-Thamrin," lanjutnya.

Jam Operasi MRT

Selain itu, Direktur Utama MRT, William Sabandar menambahkan, MRT sendiri akan beroperasi lebih awal dimulai pada Rabu, 1 Mei 2019.

"Jadi tidak lagi dari jam 5:30 sampai jam 10:30, tapi mulai besok MRT Jakarta akan mulai beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 24 malam," ucap William.

Menurutnya, jumlah pengguna MRT Jakarta juga semakin meningkat. Puncak penumpang pun ternad pada 13 Maret 2019 dengan angka 116.740 penumpang.

"Lima puluh dua persen orang naik MRT karena ketepatan waktunya, jadi ini yang kita jual. Kita evaluasi mesin dengan tingkat ketepatan waktunya mencapai 99,8 persen," ia mengakhiri.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini