Anies Resmikan 33 Tower Rusunawa Jakhabitat, Titip Pesan Ini ke Calon Penghuni

Kamis, 18 Agustus 2022 11:09 Reporter : Merdeka
Anies Resmikan 33 Tower Rusunawa Jakhabitat, Titip Pesan Ini ke Calon Penghuni Anies Resmikan 33 Tower Rusunawa Jakhabitat. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan 33 tower dan 7.421 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di 12 lokasi yang tersebar di empat wilayah administrasi Jakarta.

"Bismillahirrahmanirrahim, ke-10 lokasi Rusunawa secara resmi dinyatakan digunakan," kata Anies di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/8).

Diketahui, 10 rusunawa dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Tiga di antaranya merupakan bangunan rusunawa yang direvitalisasi, yaitu Cipinang besar utara, Karang Anyar, dan Penjaringan.

Sementara itu, tujuh rusunawa yang baru dibangun, yaitu PIK 1, PIK 2, Pulo Jahe, Padat Karya, Kepala Gading, Ujung Menteng, dan Cakung Barat.

Kemudian, ada dua rusunawa yang dijalankan menggunakan dana Koefisien Lantai Bangunan (KLB), yaitu rusunawa Daan Mogot terdiri dari empat tower, dan rusunawa di Pulo Gebang Penggilingan tiga tower.

Adapun KLB merupakan dana yang dibebankan Pemprov DKI kepada pengembang atau pihak swasta ketika membangun gedung namun melampaui lantai yang ditetapkan.

Anies menjelaskan 12 rusunawa dibangun dalam periode empat tahun dari 2018 hingga 2022. Kebijakan terkait rusunawa ini, kata Anies diintegrasikan dengan nama JAKHABITAT.

"Kami ingin kebijakan terkait perumahan terintegrasi dan pengintegrasian diberi nama JAKHABITAT. Di mana makhluk hidup dapat tumbuh kembang manusia di habitatnya," jelas dia.

Anies menyatakan peresmian rusunawa sendiri adalah bagian dari menepati janji politik kepemimpinannya. Dia berharap program rusunawa nantinya dapat diteruskan dan diperbanyak.

"Mereka bekerja dalam sunyi tidak terlihat. Apa yang sedang kita saksikan hari ini adalah babak baru yang bisa diteruskan, bisa diperbanyak, bisa diperluas," kata dia.

2 dari 2 halaman

Dia pun berpesan pada masyarakat yang tinggal di Rusunawa Penjaringan, untuk dapat membangun suasana kebersamaan antar sesama. Dia mengimbau agar masyarakat dapat tinggal bersama sebagai masyarakat bersaudara.

"Pesan saya adalah yang di tempat ini bisa tinggal bersama sebagai masyarakat yang bersaudara. Bapak ibu, sekalian jangan harap tetangganya sempurna tidak ada, tidak ada tetangga yang sempurna," kata Anies.

Pada peresmian ini, Anies juga melakukan serah terima kunci secara simbolik kepada para perwakilan warga yang tinggal di Rusunawa Penjaringan.

Peresmian ini, dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Reporter: Winda Nelfira [ray]

Baca juga:
Anies soal Beri Diskon PBB: Tak Ingin Warga Jakarta Terusir dari Tanah Sendiri
Anies Tegaskan akan Bicara Pilpres 2024 Setelah Tuntas Urus Jakarta
Respons Kasetpres Heru jadi Calon Pj Gubernur DKI: Masih Banyak Senior Lebih Pantas
Kompaknya Prabowo dan Anies Gunakan Busana Betawi saat Upacara di Istana Merdeka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini