Anies pastikan tak ada deklarasi capres dalam acara KAHMI di Balai Kota

Kamis, 12 Juli 2018 12:23 Reporter : Merdeka
Anies Baswedan di Balai Kota. ©Liputan6.com/Ika Defianti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak akan ada pendeklarasian spontan saat kegiatan halal bihalal bersama Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Balai kota, Jakarta Pusat. Acara tersebut direncanakan akan diselenggarakan nanti malam pukul 19.00 WIB.

"Enggaklah, tidak (pendeklarasian). Cek saja sama KAHMI, tidak ada urusan (sama politik)," kata Anies di Hotel Four Points, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Dia menyebut pihaknya telah memberitahukan mengenai adanya pelarangan kegiatan politik praktis di Balai kota, Jakarta. Anies mengaku menyesalkan adanya undangan yang tidak benar tentang penyelenggaraan acara silahturahmi tersebut.

"Yang kasihan begini, penyelenggara jadi kikuk. Padahal (undangan hoaks) yang bikin bukan penyelenggara," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku keheranan kepada mereka yang membuat undangan hoaks tersebut. Karena hal itu, dia mengimbau agar masyarakat dapat mengkonfirmasi kembali bila ada undangan seperti itu.

"Ada saja orang yang menunjukkan longgar yang bikin beginian. Justru itu menunjukkan betapa kita harus selalu recheck," tuturnya.

Anies menilai bila penyelenggaraan acara mundur, hal itu menandakan pihak penyelenggara kalah dengan pengacau atau dalang penyebar undangan palsu.

"Jangan sampai kalah sama pengacau. Ini 'terorisme' main ini," jelas Anies.

Sebelumnya, Presidium KAHMI Siti Zuhro menampik adanya undangan yang telah tersebar di masyarakat guna mendeklarasikan Anies.

"Itu hoaks banget. Kita hanya halalbihalal biasa," kata Zuhro saat dihubungi Liputan6.com.

Lanjut dia, KAHMI konsisten dan tetap independen. Sebab, kata Zuhro, KAHMI bukanlah partai politik atau parpol yang harus berpolitik praktis.

"KAHMI bukan parpol dan tidak bisa digunakan sebagai mesin parpol. Pengabdian KAHMI untuk NKRI," jelas Zuhro. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini