Anies Optimis Pembangunan ITF Atasi Masalah Sampah Jakarta

Rabu, 16 Oktober 2019 15:56 Reporter : Ronald
Anies Optimis Pembangunan ITF Atasi Masalah Sampah Jakarta sampah Jakarta. merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, genap berusia dua tahun hari ini. Dia mengklaim sudah melakukan berbagai program dalam kurun waktu tersebut.

Salah satunya terkait pengelolaan sampah di Jakarta. Dalam waktu dekat, proyek Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter akan segera dikerjakan.

"Tadi pagi, sudah ada penandatanganan kerjasama antara pihak DKI dengan pihak PLN untuk jualbeli listrik hasil dari pengolahan sampah di ITF Sunter. Jadi dengan adanya penandatanganan ini, maka prosesnya Alhamdulillah sebagai fase perencanaan tuntas. InsyaAllah dengan begitu konstruksi akan lebih cepat," kata Anies di Paloma Bistro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).

Anies memastikan pembangunan ITF Sunter bisa selesai dua tahun. Keberadaan ITF, katanya, sangat membantu Pemprov DKI Jakarta dalam mengelola sampah sehingga tidak semua berakhir ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

"Dan pengolahan sampah ini bisa membereskan seperempat dari sampah yang dihasilkan Jakarta. Kita ingin membangun ini minimal tiga lagi. Begitu ada ITF, maka masalah persampahan di Jakarta pengolahannya bisa dibereskan," harapannya.

Setelah ITF Sunter dibangun, proyek serupa kembali dikerjakan. Namun Anies masih merahasiakan lokasinya.

"Kalau sudah diumumkan lokasinya langsung harganya naik semuanya. Jadi sederhana sekali bukan. Kita tidak ingin APBD anggarannya habis gara-gara kita spekulasi. Jadi kita tentukan lokasinya itu yang penting adalah mudah untuk keluar-masuk dan tersebar di wilayah Jakarta," jelas Anies. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini