Anies Menduga Kendaraan Berat di Jalan Tol Penyebab Polusi Udara Jakarta

Selasa, 30 Juli 2019 07:16 Reporter : Merdeka
Anies Menduga Kendaraan Berat di Jalan Tol Penyebab Polusi Udara Jakarta Halal Bihalal PNS Pemprov DKI. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduga kendaraan yang berada di jalan tol merupakan salah satu penyebab tingginya polusi udara di Ibu Kota. Untuk itu pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak Jasa Marga sebagai pengelola jalan bebas hambatan tersebut.

Anies mengungkapkan, polusi yang dihasilkan kendaraan di jalan tol semakin diperburuk dengan musim kemarau. Alhasil Jakarta memuncaki daftar kota dengan kondisi udara terburuk berdasarkan pantauan AirVisual.

"Jadi usaha kita tentu kita dorong lebih banyak lagi pengurangan di sumbernya. Pengurangan pertama adalah di kendaraan bermotor. Kami juga akan koordinasi dengan pengelola jalan tol," katanya di GOR Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (29/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan, polusi udara tertinggi terjadi pada pagi hari. Berdasarkan pantauan Pemprov DKI, ternyata banyak kendaraan besar yang menggunakan jalan tol pada malam hari.

"Di jalan-jalan JORR dan sekitarnya di malam hari justru terjadi kepadatan kendaraan-kendaraan berat. Yang volume cukup besar jadi pemantau alat ukur kita di daerah selatan, Jagakarsa itu justru tinggi," ujarnya.

Anies mengatakan, koordinasi dengan Jasa Marga tersebut dilakukan agar kendaraan masuk tol JORR memenuhi standar emisi. Harapannya upaya tersebut dapat menekan tingginya polusi di Jakarta.

"Nanti kita pastikan kendaraan-kendaraan berat yang memasuki wilayah JORR itu mereka penuhi standar emisi sehingga enggak timbulkan masalah," tutupnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini