Anies Manfaatkan Dana KLB Bangun 3 JPO Baru, Habiskan Rp 53 Miliar

Kamis, 28 Februari 2019 14:27 Reporter : Merdeka
Anies Manfaatkan Dana KLB Bangun 3 JPO Baru, Habiskan Rp 53 Miliar Anies Baswedan resmikan JPO di Jalan Sudirman. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) di Bundaran Senayan, Polda Metro Jaya dan Gelora Bung Karno. Pembangunan JPO ini memanfaatkan dana koefisien lantai bangunan (KLB) senilai Rp 53 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho, menyebut pemprov DKI memakai dana KLB milik PT Permadani Khatulistiwa Nusantara.

"Tentunya kalau ada KLB itu lumayan. Fungsinya untuk masyarakat ada tapi tidak membebani dari APBD," kata Hari di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/).

Hari menambahkan, karena menggunakan dana KLB maka proses pengerjaan mulai dari perencanaan hingga pembangunan diserahkan ke pihak swasta.

"Kita hanya pengendali teknis, manakala desainnya kurang bagus kita arahkan," ucap dia.

Namun, katanya, tidak semua revitalisasi JPO menggunakan dana KLB. Khusus revitalisasi tujuh JPO tahun ini akan memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ketiga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang telah diresmikan dapat digunakan masyarakat mulai hari ini.

Anies menyatakan dengan dioperasikannya ketiga JPO itu, pelican crossing yang di Bundaran Senayan dan GBK akan ditutup.

"Jam 12.00 WIB nanti pelican crossing akan ditutup. Semua menggunakan JPO, kemudian kita sedang finalisasi untuk lift," kata Anies di Senayan, Jakarta Pusat.

Giliran revitalisasi JPO di Pasar Minggu dan Daan Mogot

Hari mengatakan selanjutnya giliran JPO Pasar Minggu dan jembatan gantung Daan Mogot. Desainnya sudah selesai dan dipastikan lebih modern dari saat ini.

"Di Pasar Minggu dan di jembatan gantung Daan Mogot semua bareng. Maret kami perencanaan konstruksi (pembangunan) fisik mungkin Mei," katanya.

Hari mengakui kedua jembatan itu kondisinya rusak berat dan secara konstruksi yang di Daan Mogot telah dirubuhkan. Revitalisasi kedua JPO tersebut direncanakan selesai tahun ini.

"Yang Pasar Minggu belum, rencananya pekan ini kita robohin. Desain finalnya hopefully awal Maret udah selesai," ucapnya.

Selama revitalisasi itu, Hari menyebut akan disediakan pelican crossing yang dapat dimanfaatkan sementara oleh masyarakat.

"Pelican crossing kita buka, setelah udah terbangun kita tutup," jelas Hari.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini