Anies Kembali Bangun Kampung Akuarium yang Diratakan Ahok

Kamis, 10 Oktober 2019 08:03 Reporter : Fikri Faqih
Anies Kembali Bangun Kampung Akuarium yang Diratakan Ahok Anies Baswedan bertemu Ahok di Balai Kota. ©2017 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana melakukan revitalisasi kawasan Kampung Akuarium, Jakarta Utara menjadi kawasan budaya sejarah. Dimana penetapan kawasan tersebut akan dimulai dari kawasan Masjid Luar Batang hingga Kawasan Kota Tua.

"Dalam revitalisasi, dengan bangunan cagar budaya, semua ketentuan mengenai cagar budaya, kita akan ikuti. Jadi, dalam perencanaannya pun, kita mendengarkan warga, mendengarkan pakar cagar budaya sehingga nanti tempat ini benar-benar menjadi semacam kawasan wisata budaya sejarah," katanya di Jakarta, Rabu (10/10).

Kawasan wisata budaya sejarah tersebut, dia mengungkapkan, akan membentang mulai dari Masjid Luar Batang, Pelabuhan Sunda Kelapa, Kampung Akuarium, sampai ke Kota Tua.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kelik Indriyanto mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan perencanaan untuk melakukan pengerjaan fisik revitalisasi Kampung Akuarium yang bersebelahan dengan bangunan Museum Bahari.

"Pada waktu pelaksanaan fisik, kami akan sampaikan ke pelaksananya untuk berhati-hati, karena di sana ada benda-benda cagar budaya yang memang harus diselamatkan. Kami juga terus berkoordinasi dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) di bawah Disparbud," jelasnya.

Kampung Akuarium sendiri, bersama dengan Museum Bahari, dia menjelaskan, berada di lahan milik Pemprov DKI Jakarta. Namun status rumah lapis yang akan didirikan bagi warga di situ dalam bagian revitalisasi, belum dipastikan.

"Lahan itu aset Pemprov, status rumahnya belum dipastikan. Kami tugas membangun dulu, tugas dinas perumahan membangun saja," kata Kelik.

Baca Selanjutnya: Kampung Akuarium Diratakan Ahok...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini