Anies Integrasikan Sistem Perizinan Digital

Kamis, 14 Maret 2019 15:05 Reporter : Merdeka
Anies Integrasikan Sistem Perizinan Digital anies baswedan. ©2018 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengintegrasikan sistem perizinan digital milik Pemprov DKI Jakarta yakni Jakarta Evolution atau JakEVO dengan sistem milik pemerintah pusat Online Single Submission (OSS).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, dengan pengintegrasian itu bertujuan agar tidak saling tumpang tindih dari keduanya.

"Ketika menggunakan JakEvo proses perizinan itu sudah sinkron, karena itu kemarin disepakati masuknya lewat OSS. Dari OSS kemudian langsung ke JakEvo diproses, kemudian keluar izinnya. Enggak ada (tumpang tindih), justru disinkronkan jadi satu," kata Anies di Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (14/3).

Anies menjelaskan penerbitan izin harus sesuai dengan tata ruang di Jakarta. Karena itu, dia menyatakan JakEVO juga telah terintegrasi dengan tata ruang.

Mantan Rektor Paramadina itu menambahkan, pihaknya telah mengurus hal itu dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Kami sedang ajukan tim bicara dengan Kemenko Perekonomian, nanti ketika sudah selesai sinkronisasi baru (kami kabarkan)," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong mengatakan, pemerintah akan mengundang 560 BKPM daerah untuk melakukan rapat koordinasi nasional (Rakornas) pada pekan depan.

Rakornas ini akan membahas mengenai perkembangan sistem perizinan online terintegrasi atau online single submission (OSS).

"Tadi kami lapor sama Pak Menko Ekonomi perkembangan sistem OSS. Sekaligus koordinasi untuk rakornas BKPM tahunan dengan 560 BKPM daerah yang akan kita gelar minggu depan," ujar Thomas di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3).

Thomas mengatakan, pertemuan dengan BKPM dan seluruh pemerintah daerah akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Jokowi. "Presiden akan berikan arahan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota mengenai implementasi OSS," ujar dia.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini