Anies Baswedan Ungkap Penyebab Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk

Senin, 25 Juli 2022 14:04 Reporter : Yunita Amalia
Anies Baswedan Ungkap Penyebab Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk Pagar tribun penonton JIS roboh. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak memungkiri terjadi insiden pagar pembatas tribun Jakarta International Stadium JIS, roboh saat grand launching pada Minggu (24/7) malam. Anies pun berpesan kepada para suporter sepak bola agar menjadi teladan pada setiap pertandingan.

"Semalam memang ada pagar yang rubuh, namun tidak mengganggu acara. Mungkin karena semangat dan kerinduan The Jakmania yang tak terbendung lagi setelah bertahun-tahun, akhirnya bisa kembali mendukung Persija di kandangnya sendiri," ujar Anies melalui akun instagram @aniesbaswedan, Senin (25/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berpesan bahwa bangunan JIS bukan hanya sebatas bangunan megah tanpa memperhatikan ketertiban dan kenyamanan fasilitas yang disediakan. JIS, kata Anies dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai wujud tempat yang dapat menyatukan segala golongan warga Jakarta.

Dia pun menegaskan bahwa insiden ambruknya pagar pembatas tribun merupakan pelajaran berharga bagi Pemprov DKI, Jakmania, Persija, dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Pertandingan kemarin jadi bahan berharga untuk evaluasi kita semua, Jakpro, Jakmania, Pemprov DKI, dan Persija. Mari jaga stadion kita, jaga kebanggaan tempat ini, dan tunjukkan kepada semua bahwa stadion ini bukan sekadar bangunan mahakarya, tapi suporternya teladan juga bagi semua," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pagar pembatasan penonton tribun utara ambruk. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 17.40 WIB.

Pantauan merdeka.com kondisi pagar pembatas mulai mengalami tanda-tanda akan ambruk lantaran bentuk pagar sudah terlihat menjorok ke arah selatan.

Sebelum pagar ambruk, sejumlah penonton terlihat duduk di pagar tersebut untuk memasang spanduk curva nord Persija.

Dari kejadian tersebut satu orang ditandu oleh petugas medis. [fik]

Baca juga:
Zulhas Sebut Anies & Erick Thohir Capres, PAN: Bang Zul Suka Bercanda
Anies Baswedan Resmikan Jakarta International Stadium
Pagar Pembatas Penonton Ambruk, PDIP Minta Pembangunan JIS Diaudit
Duet Anies-Puan di Pilpres 2024 Dinilai Sulit Terwujud
Citayam Fashion Week: Kreativitas Jalanan Berujung Didaftarkan Perusahaan Baim Wong
Launching JIS, Anies Singgung Masa Jabatan yang Segera Habis
Respons The Jakmania Soal Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini