Anies Baswedan tak akan jadi jurkam Sudirman Said

Rabu, 21 Februari 2018 12:20 Reporter : Hari Ariyanti
Anies Baswedan tak akan jadi jurkam Sudirman Said Anies di Piala Presiden. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan Sudirman Said yang merupakan calon gubernur (cagub) Jawa Tengah, Selasa (20/2) kemarin. Anies menyatakan mendukung Sudirman Said tapi tidak akan menjadi juru kampanyenya.

Anies menyampaikan syarat menjadi juru kampanye adalah terdaftar di KPU dan disampaikan calon saat mendaftar ke KPU. nama Anies sendiri tak didaftarkan Sudirman Said saat mendaftar di KPU Jawa Tengah.

"Kalau yang namanya jurkam itu didaftarkan di KPU dan itu sudah didaftarkan ketika seseorang mendaftar menjadi calon. Saya pernah menjadi calon. Jadi saya ketika namanya dimasukkan, di dalamnya ada tim pemenangan, ada nama-nama juru kampanye. Nah saya tidak masuk dalam itu," katanya ditemui di Auditorium Gedung PKK Melati Jaya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (21/2).

"Kalau disebut sebagai jurkam, saya bukan jurkam karena namanya tidak ada di dalam daftar nama jurkam," tambahnya.

Anies berkomitmen mendukung mantan Menteri ESDM itu maju sebagai gubernur Jateng. Sebab menurutnya Sudirman Said ialah orang baik dan berprestasi.

"Orang Jawa Tengah dari kampung yang tahu persis persoalan kemiskinan, ketimpangan, dan memiliki track record di BUMN, di pemerintahan, jadi auditor, pernah di swasta. Jadi pengalaman kepemimpinannya komplet. Saya rasa beliau akan memiliki dampak yang positif sekali dan satu lagi, bersih," paparnya.

Dia juga menyebut Sudirman Said adalah orang belakang layar yang berkontribusi dalam pendirian KPK dan juga melakukan reformasi bidang energi.

"Kalau Anda lihat reformasi di bidang energi ketika beliau menjadi menteri, itu menghadapi berbagai macam dongeng-dongeng yang lucu-lucu," ujarnya.

Saat menjabat sebagai Menteri ESDM, Sudirman Said pernah melaporkan gratifikasi perhiasan yang sangat mahal kepada KPK.

"Jadi Sudirman Said pernah terima tuh entah intan atau permata, ukurannya besar, Anda bisa lihat di berita, diserahkan ke KPK. Jadi saya prinsipnya gini, kalau Anda tidak bisa dibeli dengan rupiah maka Anda terhormat," kata mantan Mendikbud ini.

Agar Sudirman Said bisa menang, Anies mengatakan ikhtiar harus dilakukan. "Saya rasa kemenangan sudah ada di tangan Tuhan. Insya Allah saya dukung," tutupnya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini