Anies Anggarkan Rp 324 M Buat Program Makanan Bergizi Pelajar se-DKI

Jumat, 5 April 2019 11:30 Reporter : Merdeka
Anies Anggarkan Rp 324 M Buat Program Makanan Bergizi Pelajar se-DKI Peresmian pameran Kamar Diponegoro. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi SDN Kedaung Kaliangke 03, 08, 09, 12, dan 13, Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat. Anies akan meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS).

"Pagi ini di SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi kita menyaksikan pelaksanaan program PMT-AS," kata Anies di Lapangan SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi, Jum'at (5/4).

Menurutnya program ini sudah berjalan sejak tahun 2018 sebagai upaya untuk mendorong kecukupan gizi bagi anak-anak. Program yang menyasar 144 ribu anak-anak di seluruh Provinsi DKI Jakarta ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 324 miliar. PMT-AS telah dilaksanakan di 459 sekolah di seluruh Jakarta.

Anies mengatakan bahwa pemilihan varian menu pada PMT-AS mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya yang wajib adalah terkait gizi.

"Variasi makanan yang kita siapkan mempertimbangkan faktor gizi dan juga kearifan lokal," kata Anies.

Terdapat 29 varian menu, dalam menu yang dipamerkan terlihat buah-buahan lokal mendominasi varian menu tersebut, seperti salak, duku, jeruk lokal, jambu air, manggis, dan kelengkeng.

PMT-AS sendiri merupakan amanat dari Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah pada Satuan Pendidikan, serta Peraturan Gubernur Nomor 7 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Gubernur Nomor 59 Tahun 2016 tentang Biaya Operasional Pendidikan Sekolah Negeri/Madrasah Negeri.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kecukupan asupan gizi peserta didik, meningkatkan ketahanan fisik siswa dalam mengikuti kegiatan belajar, menerapkan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih dan Sehat, serta meningkatkan partisipasi masyarakat langsung di lingkungan sekolah.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini