Anies akan Tambah Jalur Sepeda Terpantau Kamera ETLE

Kamis, 5 Desember 2019 11:25 Reporter : Yunita Amalia
Anies akan Tambah Jalur Sepeda Terpantau Kamera ETLE Anies Baswedan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peresmian sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Mapolda Metro Jaya. Ia mendukung penerapan ETLE, program berbasis sistem elektronik menggunakan kamera, untuk memantau kondisi Jakarta yang dilakukan Polda Metro Jaya.

Menurutnya, ETLE akan berdampak positif karena secara perlahan akan 'memaksa' warga khususnya pengguna kendaraan pribadi berpindah ke kendaraan umum. Sebab, pengendara baik kendaraan roda dua atau empat yang melanggar rambu lalu lintas akan secara akurat terdeteksi secara rigit.

"Terkait dengan jalur sepeda sebenarnya ketika bicara pelanggaran maka semua jenis pelanggaran jadi di lokasi yang di situ ada kamera ETLE-nya maka pelanggarannya otomatis termasuk ketika ada jalur sepeda," kata Anies di Jakarta, Kamis (5/12).

Lebih dari itu, adanya program ETLE juga diharapkan meningkatkan pengamanan jalur sepeda. Sebagaimana upaya Anies agar alat transportasi di Jakarta ramah lingkungan.

Meski terkesan 'mempersempit' ruang untuk transportasi bermotor, ia menegaskan, akan tetap memperbanyak jalur sepeda.

"Kita mendorong lebih banyak lagi jalur sepeda dan pasti akan ada irisan-irisan yang irisan itu lah yang bisa ditegakan juga aturan terkait jalur sepeda," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Sejatinya, penerapan sistem ETLE sudah dilakukan pada Juli. TMC Polda Metro Jaya menyebutkan sebanyak 1.134 pelanggaran terekam kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) selama sepekan penerapannya di Jakarta.

Mayoritas pelanggaran itu didominasi oleh pengendara yang tidak mengenakan sabuk pengaman dan kendaraan ganjil-genap. [fik]

Baca juga:
Sepekan Sterilisasi Jalur Sepeda di Jakarta, 653 Kendaraan Kena Tilang
Anies Mengaku Jalur Sepeda Dibuat Terinspirasi Kalimat Satire Kaos Pesepeda
Kapolda dan Pangdam Puji Jalur Sepeda di DKI usai Menggowes Bareng Anies
Dishub DKI Bolehkan Skuter Listrik di Jalur Sepeda, Kecuali Grabwheels
Rintangan Pesepeda di Jakarta, Transjakarta sampai Tutup Gorong-gorong

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini