Anies Akan Integrasikan Kampung Akuarium dengan Cagar Budaya

Rabu, 16 Oktober 2019 04:03 Reporter : Merdeka
Anies Akan Integrasikan Kampung Akuarium dengan Cagar Budaya Anies bersepeda di Fatmawati. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penataan Kampung Akuarium, Jakarta Utara direncanakan terintegrasi dengan kawasan cagar budaya yang ada disekitarnya. Dia menyebut ternyata sejumlah wilayah di sekitar Kampung Akuarium dijadikan pariwisata budaya.

"Karena di situ adalah salah satu tempat yang paling tua di kota Jakarta," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (15/10).

Dia menyebut nantinya penataan kampung itu melibatkan masyarakat setempat, bukan dari rancangan pihak luar. Sehingga mereka dapat merancang kampungnya berdasarkan aturan yang ada.

"Justru ini yang akan jadi percontohan bagaimana masyarakat merancang kampungnya sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana memulai pembangunan di Kampung Akuarium, Jakarta Utara pada tahun 2020. Nantinya seratusan unit rumah akan dibangun.

"Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis," kata Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto saat dihubungi.

Rumah lapis yang dimaksud Triyanto yakni layaknya rumah susun dengan tinggi maksimal empat lantai saja. Ratusan rumah tersebut berukuran 27 meter persegi.

Dia menyebut saat ini masih proses lelang dan Detail Engineering Design (DED), sehingga belum diketahui besaran anggaran yang dibutuhkan.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Anies Baswedan
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini