Anggota DPRD DKI Minta Ancol Ditutup Hingga 17 Mei

Sabtu, 15 Mei 2021 22:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
Anggota DPRD DKI Minta Ancol Ditutup Hingga 17 Mei Ancol diserbu wisatawan. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah meminta Dinas Pariwisata menutup kawasan wisata Ancol ditutup hingga 17 Mei 2021. Pengelola Ancol dianggap lalai menegakkan aturan kapasitas maksimal 30 persen setelah pengunjung membeludak hingga 43.000 orang dalam sehari.

"Dinas Pariwisata harus tegas menutup Ancol, ini konsekuensi yang harus diterima karena melanggar aturan soal kapasitas kunjungan," ujar Farazandi dalam keterangannya, Sabtu (15/5).

Farazandi menyebut, jika mengacu aturan maksimal 30 persen pengunjung, Ancol telah melanggar. Sebab daya tampung Ancol 120.000 orang dan 30 persennya maksimal 36.000 orang.

"Karena saat pandemi seperti ini, 43.000 orang dalam suatu area di saat bersamaan itu sangat mengerikan, dan itu sangat kontradiktif dengan upaya-upaya pemerintah provinsi dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada sisi yang lain," ungkap Farazandi.

Protokol kesehatan soal pencegahan kerumunan mestinya menjadi prioritas utama pengelola Ancol.

"Pakai masker, tes genose dan protokol kesehatan lainnya akan percuma jika aturan soal pencegahan kerumunan dalam hal ini aturan kapasitas tidak dipenuhi," kata Farazandi. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini