Alasan Pemprov DKI Gelar Takbiran dan Salat Idulfitri di JIS

Selasa, 5 April 2022 14:36 Reporter : Yunita Amalia
Alasan Pemprov DKI Gelar Takbiran dan Salat Idulfitri di JIS Jakarta International Stadium. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pemprov DKI berencana menggelar takbiran dan salat Idulfitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS). Lokasi yang luas, menjadi pertimbangan Pemprov DKI berencana menggelar salat Id di JIS.

"Ya kami gunakan untuk salat Idulfitri, karena tempatnya di situ luas, strategis sambil kita bersyukur bahwa sudah jadi stadion yang kita buat kita banggakan ini," kata Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/4).

Namun, Riza menegaskan pelaksanaan salat Idulfitri dan takbiran tidak wajib di JIS. Warga Jakarta tetap diberi kebebasan menentukan lokasi untuk merayakan hari raya lebaran.

"Silakan rakyat Jakarta yang ingin salat Idulfitri nanti bisa salah satu tempatnya di antaranya di JIS," kata dia.

"Mohon dukungan masyarakat untuk membantu mensosisialiskan bahwa sekarang Jakarta dan juga Indonesia tentunya memiliki stadium internasional yang menjadi kebanggaan kita dan mari kita jaga dan rawat dan kita gunakan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat umum," imbau Riza.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Gunas Mahdianto mengatakan beragam kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadan. Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama,” terang Gunas Mahdianto salam keterangannya, Senin (4/4/2022).

Ragam kegiatan salah satunya adalah malam takbiran dan salat id di Jakarta Internasional Stadium (JIS). “Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran dan Salat Idulfitri 1443 H di Jakarta International Stadium,” jelas Gunas.

Selain itu akan ada Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022.

“Juga ada Ramadan Market Festival di setiap Kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil,” kata Gunas

Gubernur DKI Anies Baswedan juga akan melakukan kunjungan ke masjid atau pondok selama Ramadan.

“Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid/pondok pesantren, dan sebagainya. Juga ada 30 hari khatam Alquran,” pungkasnya.

Baca juga:
Anies: JIS Dibangun Menjadi Manfaat Bagi Masyarakat Bukan Justru Menimbulkan Problem
Gemerlap Warna-Warni Lampu Jakarta International Stadium
Penampakan Jakarta International Stadium yang Hampir Rampung
Pemprov DKI Mau Gelar Salat Id di Jakarta Internasional Stadion
JIS Mulai Uji Coba Penyerapan Air pada 23 Maret 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini