Alasan Anies perpanjang ganjil genap sampai Desember

Selasa, 16 Oktober 2018 12:00 Reporter : Merdeka
Alasan Anies perpanjang ganjil genap sampai Desember Anies Baswedan Uji Coba LRT. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan alasan kebijakan ganjil genap diperpanjang hingga akhir tahun. Menurutnya, perpanjangan itu untuk melengkapi data perilaku warga setelah adanya ganjil genap.

"Data jumlah pengendara umum yang memang meningkat. Kemudian kecepatan kendaraan memang meningkat, waktu tempuh menurun. Itu kami saksikan. Tapi di sisi lain, efek dari perilaku kita belum punya data yang lengkap, perilaku pengguna. Kemudian yang kedua, efek perekonomian datanya belum lengkap," kata Anies di kawasan GBK, Jakarta, Selasa (16/10).

Anies menyebut dengan adanya data yang lengkap, maka akan diketahui apakah perlu ganjil genap diterapkan pada periode berikutnya.

"Perpanjangannya itu tidak sepanjang hari, 4 jam di pagi hari, dan juga 4 jam di sore hari. Di siang hari tidak berlaku ganjil genap. Kenapa diberlakukan, karena kami ingin mengelola perilaku berkendaraan. Mereka yang kendaraannya hari itu tidak berlaku di pagi hari, siangnya masih bisa pakai. Tapi kalau sepanjang hari ada potensi merangsang orang untuk mencari kendaraan kedua," ucap Anies.

Mantan Mendikbud itu mengatakan, Pemprov DKI ingin mengubah perilaku warga agar mau berpindah ke kendaraan umum.

"Tujuan kami sekarang memperluas jangkau kendaraan umum dan kenyamanan kendaraan umum," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini